HUBUNGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DENGAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS DISKUSI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

Ernala, Esther (2017) HUBUNGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DENGAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS DISKUSI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01. NIM 2133111025 COVER.pdf - Published Version

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. NIM 2133111025 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (531kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. NIM 2133111025 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. NIM 2133111025 PREFACE.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. NIM 2133111025 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. NIM 2133111025 TABLES.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. NIM 2133111025 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. NIM 2133111025 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM 2133111025 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 2133111025 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kemampuan berpikir kritis dengan kemampuan menulis teks diskusi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Medan yang berjumlah 330 orang. Sampel yang digunakan pada penelitian ini diambil dari 15% jumlah populasi, yaitu sebanyak 50 siswa dengan menggunakan teknik random sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif korelasional. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data pada penelitian ini adalah instrumen tes. Dalam hal ini, instrumen yang digunakan untuk menjaring data kemampuan berpikir kritis siswa adalah instrumen tes objektif, yaitu tes pilihan berganda yang berisi 36 butir soal yang telah diuji terlebih dahulu, sedangkan instrumen yang digunakan untuk menjaring data kemampuan menulis teks diskusi siswa adalah tes penugasan, yaitu tes penugasan menulis teks diskusi. Hasil penelitian ini menunjukkan tiga hal. Pertama, kemampuan berpikir kritis siswa tergolong ke dalam kategori baik ( ̅ ). Kedua, kemampuan menulis teks diskusi siswa tergolong ke dalam kategori baik ( ̅ ). Ketiga, ada hubungan yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis siswa dengan kemampuan menulis teks diskusi siswa. Dalam hal ini, pada taraf kepercayaan 5%, thitung> ttabel (6,27> 1,68).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSiburian,, Tiur Asi194812291980032002
Thesis advisorHadi,, Wisman197802012003121003
Call Number: SK-2017 IND 114
Keywords: Berpikir Kritis, Menulis, Teks Diskusi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN4177 Debating
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 04 Sep 2017 14:42
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26012

Actions (login required)

View Item View Item