PEMBELAJARAN DEBAT KOMPETITIF SEBAGAI PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA KELAS X SMA NEGERI 20 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

Naenggolan, Rumantri (2017) PEMBELAJARAN DEBAT KOMPETITIF SEBAGAI PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA KELAS X SMA NEGERI 20 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 2132111017 COVER.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 2132111017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 2132111017 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 2132111017 PREFACE.pdf - Published Version

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 2132111017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 2132111017 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 2132111017 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 2132111017 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 2132111017 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 2132111017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (286kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran debat kompetitif terhadap kemampuan berbicara siswa kelas X SMA Negeri 20 Medan tahun pembelajaran 2016/2017. Populasi penelitian ini berjumlah 182 orang siswa. Dari 182 siswa, ditetapkan 38 siswa orang sebagai sampel secara random. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen onegroup pre-test post-test design. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data berbentuk penilaian unjuk kerja/skala penilaian. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa kemampuan siswa berbicara sebelum pembelajaran debat kompetitif masuk dalam kategori kurang baik dengan nilai rata-rata 57,38 sedangkan setelah diadakan pembelajaran debat kompetitif termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 74,33. Selanjutnya pengujian hipotesis menunjukkan thitung > ttabel yaitu 9,74 > 2,03 pada taraf signifikan = 0,05. Dengan demikian, telah terbukti bahwa hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima yaitu pembelajaran debat kompetitif berpengaruh dalam mengembangkan kemampuan berbicara siswa kelas X SMA Negeri 20 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisor, BASYARUDDIN195809041986011001
Call Number: SK-2017 IND 112
Keywords: DEBAT KOMPETITIF; BERBICARA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN4177 Debating
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 04 Sep 2017 12:03
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26006

Actions (login required)

View Item View Item