PENGARUH KONSELING KELOMPOK INTENSIF DENGAN MEDIA SUPERHERO TERHADAP SANTUN DALAM BERBICARA SISWA KELAS VIII DI SEKOLAH SMP SWASTA PUTERI SION MEDAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Stephanie, Debora (2017) PENGARUH KONSELING KELOMPOK INTENSIF DENGAN MEDIA SUPERHERO TERHADAP SANTUN DALAM BERBICARA SISWA KELAS VIII DI SEKOLAH SMP SWASTA PUTERI SION MEDAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 1133151010_COVER.pdf - Published Version

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 1133151010_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (454kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 1133151010_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 1133151010_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 1133151010_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 1133151010_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 1133151010_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 1133151010_BAB I.pdf - Published Version

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 1133151010_BAB V.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 1133151010_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui “pengaruh konseling kelompok intensif dengan Superhero terhadap santun dalam berbicara siswa kelas VIII di sekolah SMP Swasta Puteri Sion Medan Tahun Pelajaran 2016/2017”. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang terdiri dari 10 orang siswa yang mengalami ketidaksantunan dalam berbicara yang dilihat dari hasil pre-test. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan instrument dengan 30 butir pernyataan santun dalam berbicara yang terlebih dahulu diujicobakan dan dianalisis oleh peneliti untuk mendapatkan angket yang valid dan reliabel, dan menjadi 27 butir pernyataan angket santun dalam berbicara sebagai pengumpul data. Instrumen diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan layanan konseling kelompok intensif dengan media Superhero. Teknik analisis data menggunakan Uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan konseling kelompok intensif dengan media Superhero berpengaruh terhadap santun dalam berbicara siswa SMP Swasta Puteri Sion Medan Tahun Pelajaran 2016/2017. Hal ini diketahui dari hasil Uji Wilcoxon yang menunjukkan bahwa pada uji jenjang Wilcoxon diperoleh hasil perhitungan jumlah jenjang bertanda positif = 55 dan negative = 0. Jadi Jhitung > Jtabel, yaitu 10 > 0. Data test awal (pre-test) diperoleh rata-rata 58,3, sedangkan setelah pemberian layanan konseling kelompok intensif dengan media Superhero (post-test) diperoleh rata-rata 69,9, artinya rata-rata siswa setelah mendapat layanan konseling kelompok intensif dengan media Superhero lebih tinggi daripada sebelum mendapat layanan konseling kelompok intensif dengan media Superhero (69,9 > 58,3), setelah dilakukan layanan konseling kelompok intensif dengan media Superhero terhadap santun dalam berbicara siswa kelas VIII di sekolah SMP Swasta Puteri Sion Medan Tahun Pelajaran 2016/2017 terjadi perubahan sebesar 10,7 %. Ini berarti hipotesis yang berbunyi ada Pengaruh Konseling Kelompok Intensif Dengan Superhero Terhadap Santun Dalam Berbicara Siswa Kelas VIII Di Sekolah SMP Swasta Puteri Sion Medan Tahun Pelajaran 2016/2017, diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMilfayetti, Sri196212121986012001
Call Number: SK-2017 BK 036
Keywords: KONSELING KELOMPOK INTENSIF, MEDIA SUPERHERO, SANTUN BERBICARA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 31 Aug 2017 10:49
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25977

Actions (login required)

View Item View Item