PENGARUH MINAT BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI KELAS X SMA N 1 SIEMPAT NEMPU HILIR T.A 2016/2017

Butar-butar, Santrida (2017) PENGARUH MINAT BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI KELAS X SMA N 1 SIEMPAT NEMPU HILIR T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1.7131141109.COVER.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.7131141109.APPROVAL.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.7131141109.PREFACE.pdf - Published Version

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4,7131141109.ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.7131141109.TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6.7131141109.TABLE.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.7131141109.PICTURE.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8.7131141109.CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12.7131141109.CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13.7131141109.BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Minat Belajar Dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA N 1 Siempat Nempu Hilir Medan T.A 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 33 siswa. jumlah sampel adalah 33 siswa dengan teknik pengambilan sampel random sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara dokumentasi dan angket. Uji validitas angket dengan mengggunakan rumus product moment pearson, dan reliabilitasnya dihitung dengan menngunakan Cronbach Alpha. Teknik analisis data penelitian adalah regresi linear berganda untuk menguji hipotesis penelitian dengan menngunakan uji t dan uji F. Hasil analisis regresi berganda diperoleh persamaan Y= 34,043 + 0,483 X1 + 0,126 X2 Selanjutnya koefisien determinasi diperoleh R Square sebesar 0,836 yang berarti sebesar 83,6% variabel X1 dan X2 memberikan sumbangan pengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi. Berdasarkan uji t diperoleh bahwa masing- masing variabel X1 dan X2 berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi. Variabel X1 diperoleh thitung> ttabel yaitu ( 8,668 > 1,697). dan variabel X2 diperoleh thitung> ttabel yaitu ( 2,181 > 1,697). Sedangkan untuk uji F diperoleh hasil bahwa secara simultan variabel X1 dan X2 berpengarug positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi dengan nilai Fhitung> Ftabel yaitu (76,509 > 3,32). Adapun kesimpulan dari penelitian ini yaitu: 1) Ada pengaruh positif dan signifikan antara Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA N 1 Siempat Nempu Hilir Medan T.A 2016/2017) 2) Ada pengaruh positif dan signifikan antara Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA N 1 Siempat Nempu Hilir Medan T.A 2016/2017 3) Ada pengaruh positif dan signifikan antara Pengaruh Minat Belajar Dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA N 1 Siempat Nempu Hilir Medan T.A 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorRuslan, Dede196307121989031002
Call Number: SK-2017 EKO 056
Keywords: Minat belajar; Lingkungan belajar; Prestasi belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 28 Aug 2017 14:43
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25962

Actions (login required)

View Item View Item