PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 4 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Siburian, Johanna (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 4 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01. NIM. 7131141056 COVER.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. NIM. 7131141056 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. NIM. 7131141056 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. NIM. 7131141056 PREFACE.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. NIM. 7131141056 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. NIM. 7131141056 TABLES.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. NIM. 7131141056 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. NIM. 7131141056 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09. NIM. 7131141056 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 7131141056 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 7131141056 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar ekonomi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Apakah hasil belajar ekonomi yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi dibanding hasil belajar ekonomi yang diajar dengan model konvensional pada siswa kelas XI MIA SMA Negeri 4 Medan Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 4 Medan yang beralamat di Jl. Gelas No. 12 A Ayahanda Medan T.P 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 204 orang siswa yang terdiri dari 5 kelas. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik Sampel Random sampling, dimana yang menjadi sampel adalah kelas XI MIA 1 dan XI MIA 5. Data hasil belajar siswa diperoleh dengan menggunakan tes berupa soal pilihan berganda dan perlakuan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada kelas eksprimen dan model pembelajaran Konvensional pada kelas kontrol.Dan 20 butir soal dinyatakan valid. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai Rata-rata Pre Test kelas eksperimen sebesar 48,86dan SD = 11,82 dan nilai Rata-rata Post Test sebesar 68,57 dan SD = 11,67. Sedangkan nilai Rata-rata kelas kontrol sebesar 41,29 dan SD = 10,1 dan nilai Rata-rata Post Test sebesar 52,14 dan SD = 16,00. Berdasarkan hasil perhitungan uji Hipotesis pada taraf signifikan 95% dan α = 0,05 di peroleh thitung>ttabel (4,890 > 14,00). Dengan demikian hipotesis yang menyatakanbahwa hasil belajar ekonomi siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi dan signifikan dibanding menggunakan model pembelajaran konvensional di kelas XI MIA SMA Negeri 4 Medan T.P 2016/2017dapat diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorTamrin, 19640719 199303 1 003
Call Number: SK-2017 EKO 110
Keywords: PROBLEM BASED LEARNING
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 16 Aug 2017 09:27
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25672

Actions (login required)

View Item View Item