PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING PADA SISWA KELAS X TEKNIK AUDIO VIDEO DI SMK NEG 1 LUBUK PAKAM

Zebulon, Manalu (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING PADA SISWA KELAS X TEKNIK AUDIO VIDEO DI SMK NEG 1 LUBUK PAKAM. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
0.cover.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (455kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.Daftar isi.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.daftar gambar.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6.DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 NIM. 5113121044 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8.BAB I.pdf - Published Version

Download (421kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12BAB V.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar mnggambar teknik yang diajar dengan model pembelajaran konvensional, hasil belajar menggambar teknik yang diajar dengan model pembelajaran problem posing, hasil belajar siswa di kelas X TAV A dan TAV C semester 2 SMK Negeri 1 Lubuk Pakam T.A 2016/2017 yang diajar dengan model problem posing lebih tinggi dengan menggunakan model konvensional. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X program keahlian Menggambar teknik SMK Negeri 1 Lubuk Pakam T.A 2016/2017. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X program keahlian Mengambar teknik SMK Negeri 1 Lubuk Pakam yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 73 orang. Kedua kelas digunakan sebagai sampel. Kelas X TAV A diterapkan model pembelajaran Problem Posing sedangkan X TAV C diterapkan model pembelajaran Konvensional, yang tiap kelas terdiri dari 37 dan 36 orang siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Teknik pengumpulan data dijaring dengan menggunakan test objektif. Untuk menguji normalitas data digunakan uji Liliefors pada taraf kepercayaan (α) sebesar 0,05. Pada model pembelajaran Problem Posing diperoleh Lhitung= 0,1603 dan Ltabel = 0,161 , maka diperoleh Lhitung(0,0890) < Ltabel(0,161) pada kategori normal, dan pada model pembelajaran Konvensional Lhitung = 0,1498 dan Ltabel = 0,161 maka diperoleh Lhitung(0,0783) < Ltabel(0,161) pada kategori normal. Untuk menguji homogenitas antara pembelajaran kontekstual dan konvensional digunakan uji Barlett pada taraf kepercayaan (α) 0,05 diperoleh Fhitung = 1,051 dan Ftabel = 1,881, maka Fhitung(1,004) < Ftabel (1,881) dan disimpulkan bahwa varians sampel adalah homogen. Dengan menggunakan uji-t pada taraf kepercayaan α =0,05 untuk menguji hipotesis penelitian diperoleh, thitung = 4,614 dan ttabel = 1,671 sehingga thitung > ttabel dan diambil kesimpulan bahwa ada perbedaan hasil belajar Menggambar Teknik siswa yang diajar menggunakan model Pembelajaran Problem Posing dengan pembelajaran Konvensional. Dengan hasil belajar rata-rata kelas eksperimen = 81,4 dan hasil belajar rata-rata kelas control = 73.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorJongga, Manullang19680205.199203.1.002
Call Number: SK-2017 ELK 042
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 10 Aug 2017 09:16
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25484

Actions (login required)

View Item View Item