PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR BERSERI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 PORSEA TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

Sirait, Melva (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR BERSERI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 PORSEA TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 2123311050 COVER.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 2123311050 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (553kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 2123311050 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 2123311050 PREFACE.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 2123311050 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 2123311050 TABLES.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 2123311050 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 2123311050 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (410kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM 2123311050 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 2123311050 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media gambar berseri terhadap kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Porsea tahun pembelajaran 2016/2017. Populasi penelitian ini berjumlah 212 siswa. Dari 212 siswa, ditetapkan sampel sebanyak 25 siswa yang diambil secara acak (randomsampling). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen one-group pre-test post-test design. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes uraian. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis teks berita sebelum menggunakan media gambar berseri masuk dalam kategori kurang dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 54, sedangkan kemampuan siswa menulis teks berita sesudah menggunakan media gambar berseri masuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 77,4. Selanjutnya, uji hipotesis menunjukkan thitung (8,32)>ttabel(1,67) pada taraf signifikan α = 0,05. Dengan demikian ditolak dan diterima, yang artinya ada pengaruh media gambar berseri terhadap kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Porsea tahun pembelajaran 2016/2017. Hal ini menunjukkan bahwa hasil pembelajaran menulis teks berita sesudah menggunakan media gambar berseri lebih baik daripada hasil pembelajaran sebelum menggunakan media gambar berseri, dan proses pembelajaran sesudah menggunakan media gambar berseri berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis teks berita.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHutagalung, Trisnawati198702272014042002
Call Number: SK-2017 IND 064
Keywords: Media; Gambar berseri; Menulis; Teks berita
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 08 Aug 2017 15:46
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25409

Actions (login required)

View Item View Item