PERBEDAAN PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK

Matondang, Khoiruddin (2016) PERBEDAAN PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 8136172047 COVER.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 8136172047 APROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 8136172047 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 8136172047 PREFACE.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 8136172047 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 8136172047 TABLES.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 8136172047 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 8136172047 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (744kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM 8136172047 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 8136172047 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah terdapat perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematik antara siswa yang diberi pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang diberi pembelajaran matematika realistik, (2) apakah terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik antara siswa yang diberi pembelajaran pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang diberi pembelajaran matematika realistik,(3) bagaimana proses jawaban siswa dalam menyelesaikan tes kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematik yang diberi pembelajaran pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang diberi pembelajaran matematika realistik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Telkom Medan,kemudian secara acak dipilih dua kelas dari tujuh kelas. Kelas eksperimen 1 mendapat pembelajaran berbasis masalah dan kelas eksperimen 2 mendapat pembelajaran matematika realistik. Instrumen yang digunakan terdiri dari: (1) tes kemampuan komunikasi matematik,(2) tes kemampuan pemecahan masalah matematik. Analisis data yang digunakan adalah analisis kovarian (ANACOVA) dan N-Gain. Dari data hasil tes kemampuan komunikasi matematik siswa diperolehpersamaan regresi untuk kelas eksperimen 1 yaitu Yk1=32,622+0,303X dan persamaan regresi untuk kelas eksperimen 2 yaitu Yk2=26,477+0,335X. Dari data hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematik siswa diperoleh persamaan regresi untuk kelas eksperimen 1, yaitu Yp1=35,745+0,424X dan persamaan regresi untuk kelas eksperimen 2, yaitu Yp2=30,650+0,409X. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematik antara siswa yang mendapat pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang mendapat pembelajaran matematika realistik,(2) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik antara siswa yang mendapat pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang mendapat pembelajaran matematika realistik, (3) proses jawaban siswa dalam menyelesaikan soal tes kemampuan komunikasi matematik siswa pada kelas eksperimen 1 lebih baik daripada kelas eksperimen 2, (4)proses jawaban siswa dalam menyelesaikan soal tes kemampuan pemecahan masalah matematik siswa pada kelas eksperimen 1 lebih baik daripada kelas eksperimen 2.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorRangkuti, Yulita Molliq197601222009122001
Thesis advisorSaragih, Sahat196102051988031003
Call Number: 510.071 Mat p
Keywords: Pembelajaran berbasis masalah; Pembelajaran matematika realistik; Kemampuan komunikasi; Kemampuan pemecahan masalah
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 04 Aug 2017 15:29
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25355

Actions (login required)

View Item View Item