PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN KEPERCAYAAN DIRI MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 KOTAPINANG TP. 2016/2017

Apriani, Nining (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN KEPERCAYAAN DIRI MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 KOTAPINANG TP. 2016/2017. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM_8146172053_COVER.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM_8146172053_APPROVE SHEET.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM_8146172053_ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM_8146172053_PREFACE.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM_8146172053_TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM_8146172053_TABLE.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM_8146172053_ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM_8146172053_Chapter 1.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM_8146172053_Chapter 5.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM_8146178053_Bibliografi.pdf - Published Version

Download (334kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui (1) apakah kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh pendekatan matematika realistik lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran ekspositori.(2) apakah kepercayaan diri siswa yang yang memperoleh pendekatan matematika realistik lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran ekspositori. (3) Apakah terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan representasi matematis siswa (4) Apakah terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kepercayaan diri siswa (5) peningkatan kemampuan representasi matematis siswa setelah memperoleh pendekatan matematika realistik (6) Peningkatan kepercayaan diri siswa setelah memperoleh pendekatan matematika realistik. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kotapinang dengan banyak sampel 69 Siswa yang terdiri dari 35 Siswa dari kelas eksperimen dan 34 siswa dari kelas kontrol. Penelitian ini merupakan suatu studi eksperimen dengan desain penelitian pretest-postest control group design. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial yaitu ANAVA dua jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terlihat dari hasil uji t dimana thitung = 5,88 > ttabel = 2,75, (2) peningkatan motivasi belajar siswa yang diajar dengan pendekatan matematika realistik lebih baik dari siswa yang diajar dengan pembelajaran eskpositori. Hal ini terlihat dari hasil uji t dimana thitung = 11,716 > ttabel = 2.75, (3) tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kemampuan awal peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang diajar dengan pendekatan matematika realistik lebih baik dari siswa yang diajar dengan pembelajaran ekspositori. Hal ini matematika terhadap peningkatan kemampuan representasi matematis siswa. Hal ini terlihat dari hasil uji ANAVA Dua Jalur dimana Frc = 0,35 < Ftabel = 3,98, (4) tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap peningkatan kepercayaan diri siswa. Hal ini terlihat dari hasil uji ANAVA Dua Jalur dimana Frc = 6,47 < Ftabel = 3,124. Temuan penelitian merekomendasikan model pendekatan matematika realistik dijadikan salah satu model pembelajaran yang digunakan di sekolah utamanya untuk mencapai kompetensi kreatif, variatif dan inovatif.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorManullang, Martua195205171977021001
Thesis advisorSurya, Edy196710191992031003
Call Number: 510.071 2 Apr p
Keywords: Model pendekatan realistik; Pembelajaran ekspositori; Kemampuan representasi matematis; Kepercayaan diri
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 04 Aug 2017 15:28
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25353

Actions (login required)

View Item View Item