PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DENGAN PENDEKATAN KONVENSIONAL PADA MATERI STATISTIKA DI KELAS X SMA NEGERI 14 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017

Silitonga, Magna Anugrah Putriana (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DENGAN PENDEKATAN KONVENSIONAL PADA MATERI STATISTIKA DI KELAS X SMA NEGERI 14 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 4131111018 COVER.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 4131111018 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 4131111018 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 4131111018 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 4131111018 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 4131111018 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 4131111018 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 4131111018 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 4131111018 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 4131111018 BAB I.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 4131111018 BAB V.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 4131111018 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimana hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik dan (2) mengetahui bagaimana hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan Pendekatan Pembelajaran Konvensional (3) mengetahui bahwa hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan menggunakan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik lebih tinggi dibandingkan Pendekatan Pembelajaran Konvensional pada materi Statistika di kelas X SMA Negeri 14 Medan. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Sampel dalam penelitian ini terdiri siswa kelas X MIPA 4 yang jumlah siswanya 36 sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan Pendekatan Pembelajaran Konvensional dan siswa kelas X MIPA 5 yang jumlah siswanya 36 sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik. Prosedur yang pertama dalam penelitian ini adalah memberi tes kemampuan awal kepada kelas yang diteliti, guna untuk melihat kemampuan awal siswa. Dari hasil tes awal yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas pretest adalah 61,14 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 55,68. Setelah pembelajaran melalui pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik, hasil belajar di kelas eksperimen mengalami peningkatan sebesar 53,7% sedangkan kelas kontrol yang menggunakan pendekatan konvesional mengalami peningkatan sebesar 40,28% dengan demikian persentase gain di kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan Pendekatan Matematika Realistik lebih tinggi dibandingkan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan Pendekatan Konvensional di kelas X SMA Negeri 14 Medan T.A 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorM.Pd, Dra. Mariani195703131980112001
Call Number: SK-2017 MAT 113
Keywords: Perbedaan, Hasil Belajar, Pendekatan Matematika Realistik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 03 Aug 2017 15:41
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25347

Actions (login required)

View Item View Item