PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PROBLEM POSING DAN TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN MEDIA MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA

Situmeang, Putri Nandi (2017) PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PROBLEM POSING DAN TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN MEDIA MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 4133131048 COVER.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 4133131048 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 4133131048 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 4133131048 PREFACE.pdf - Published Version

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 4133131048 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 4133131048 TABLES.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 4133131048 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 4133131048 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 4133131048 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (548kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 4133131048 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 4133131048 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Problem Posing dan tipe Think Pair Share (TPS) dengan media Macromedia Flash terhadap hasil belajar kimia siswa SMA pada materi Konsep Mol. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 20 Medan sebanyak tiga kelas. Sampel penelitian berjumlah dua kelas yang diambil dengan tehnik sampling purposif. Satu kelas sebagai kelas eksperimen I yang diberi pembelajaran dengan model kooperatif tipe Problem Posing, dan satu kelas lagi sebagai kelas eksperimen II yang diberi pembelajaran dengan model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Kedua kelas eksperimen diberikan media yang sama yaitu Macromedia Flash. Data yang diambil adalah hasil belajar siswa. Data yang diperoleh yang dianalisis dengan uji t-dua pihak adalah hasil belajar kelas eksperimen I (66,66 ± 5,209) dan hasil belajar kelas eksperimen II (66,25 ± 6,138). Hasil uji t diperoleh kriteria pengujian thit < - t ½ α dan thit > t ½ α pada taraf signifikansi α = 0,05 dan db = 70. Ternyata hasil yang diperoleh thitung > -ttabel dan thitung < ttabel yaitu 0,310514 > - 1,99 dan 0,310514 < 1,99. Hal ini menunjukkan bahwa Ho diterima dan Ha ditolak yaitu tidak ada perbedaan yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Problem Posing dan tipe Think Pair Share (TPS) dengan media Macromedia Flash terhadap hasil belajar kimia siswa SMA.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorDewi, Ratna Sari197808122008012021
Call Number: SK-2017 KIM 110
Keywords: Problem Posing ; Think Pair Share (TPS) ; Hasil Belajar Kimia Siswa SMA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 03 Aug 2017 15:29
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25292

Actions (login required)

View Item View Item