PENGARUH MEDIA LKS DALAM MODEL PEMBELAJARAN CTL TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT

Azwar, Wilda (2017) PENGARUH MEDIA LKS DALAM MODEL PEMBELAJARAN CTL TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
NIM. 4133131061 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 4133131061 BAB I.pdf - Published Version

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 4133131061 BAB V.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 4133131061 COVER.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 4133131061 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 4133131061 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 4133131061 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 4133131061 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 4133131061 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 4133131061 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (333kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui apakah hasil belajar siswa yang diajar menggunakan media LKS dalam model pembelajaran CTL lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran CTL tanpa media LKS pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit; 2) mengetahui apakah kemandirian belajar siswa yang diajar menggunakan media LKS dalam model pembelajaran CTL lebih tinggi daripada kemandirian belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran CTL tanpa media LKS pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA PAB 4 Sampali yang berjumlah tiga kelas. Sampel yang digunakan sebanyak dua kelas, dimana kelas kontrol diajar menggunakan model pembelajaran CTL tanpa media LKS dan kelas eksperimen diajar menggunakan model pembelajaran CTL dengan media LKS. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling random sederhana. Penelitian ini menggunakan rancangan pretes postes control group design. Data hasil penelitian diperoleh dari instrumen tes hasil belajar berupa tes pilihan ganda dan instrumen non tes berupa lembar observasi kemandirian belajar siswa. Uji hipotesis menggunakan independent samples t-test dengan aplikasi SPSS 21. Hasil penelitian menunjukkan : (1) uji persyaratan analisis, data berdistribusi normal dan homogen; (2) uji hipotesis I, signifikan (1-tailed) 0,1725 > 0,05 maka terima Ho; dan (3) uji hipotesis II, signifikan (1-tailed) 0,005 < 0,05 maka tolak Ho. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar menggunakan media LKS dalam model pembelajaran CTL tidak lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang diajar tanpa menggunakan media LKS dalam model pembelajaran CTL pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit, tetapi kemadirian belajar siswa yang diajar menggunakan media LKS dalam model pembelajaran CTL lebih tinggi daripada kemandirian belajar siswa yang diajar tanpa menggunakan media LKS dalam model pembelajaran CTL pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSihombing, Junifa Layla198006202006042001
Call Number: SK-2017 KIM 122
Keywords: MEDIA LKS;MODEL PEMBELAJARAN CTL;HASIL BELAJAR;KEMANDIRIAN BELAJAR;LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 03 Aug 2017 15:01
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25264

Actions (login required)

View Item View Item