PENGEMBANGAN DAN INOVASI PEMBELAJARAN BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK PENGAJARAN KESETIMBANGAN ASAM BASA

Sihombing, Dartianna (2017) PENGEMBANGAN DAN INOVASI PEMBELAJARAN BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK PENGAJARAN KESETIMBANGAN ASAM BASA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 4132131004 COVER.pdf - Published Version

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 4132131004 LEMBAR PEGESAHAN.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 4132131004 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 4132131004 KATA PENGANTA.pdf - Published Version

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 4132131004 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 4132131004 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 132131004 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 4132131004 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 4132131004 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 4132131004 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 4132131004 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (269kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis kontekstual pada pengajaran kesetimbangan asam basa. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengembangkan bahan ajar inovatif berbasis kontekstual pada pengajaran kesetimbangan asam basa. Penelitian ini menggunakan metode research and development, yaitu diawali dengan pengembangan buku ajar melalui inovasi pembelajaran kimia dengan mengintegrasikan bentuk-bentuk inovasi ke dalam buku ajar untuk memperoleh buku kimia standar sesuai BSNP. Buku ajar distandarisasi oleh dosen kimia dan guru kimia diperoleh rata-rata 3,38 yang berati telah valid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku ajar kimia inovatif membantu siswa dalam memahami materi yang diajarkan, baik dalam penggunaan buku yang baik dan menarik membuat ketertarikan siswa untuk belajar, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa yaitu, pada kelas eksperimen diperoleh peningkatan SMA Swasta Santa Maria 63,62%, SMA N 1 Tarutung 66,78% dan SMA Swasta HKBP 2 Tarutung 65,32%. Diharapkan guru dapat menggunakan buku ajar kimia hasil inovasi berbasis kontekstual untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada pengajaran kimia dan menghasilkan sumber daya manusia yang lebih berprestasi lagi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSitumorang, Manihar196008041986011001
Call Number: SK-2017 KIM 159
Keywords: buku ajar berbasis kontekstual; efektifitas; kelayakan BSNP; standarisasi; uji coba bahan ajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 02 Aug 2017 09:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25150

Actions (login required)

View Item View Item