PENGEMBANGAN DAN INOVASI PEMBELAJARAN BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK PENGAJARAN KESETIMBANGAN ASAM BASA

Sihombing, Dartianna (2017) PENGEMBANGAN DAN INOVASI PEMBELAJARAN BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK PENGAJARAN KESETIMBANGAN ASAM BASA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4132131004 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4132131004 COVER.pdf - Published Version

Download (12kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4132131004 LEMBAR PEGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4132131004 LEMBAR PEGESAHAN.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4132131004 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4132131004 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4132131004 KATA PENGANTA.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4132131004 KATA PENGANTA.pdf - Published Version

Download (258kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4132131004 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4132131004 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4132131004 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4132131004 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 132131004 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
7. NIM 132131004 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4132131004 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4132131004 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4132131004 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4132131004 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4132131004 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4132131004 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4132131004 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4132131004 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (269kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis
kontekstual pada pengajaran kesetimbangan asam basa. Adapun tujuan penelitian
ini untuk mengembangkan bahan ajar inovatif berbasis kontekstual pada
pengajaran kesetimbangan asam basa. Penelitian ini menggunakan metode
research and development, yaitu diawali dengan pengembangan buku ajar melalui
inovasi pembelajaran kimia dengan mengintegrasikan bentuk-bentuk inovasi ke
dalam buku ajar untuk memperoleh buku kimia standar sesuai BSNP. Buku ajar
distandarisasi oleh dosen kimia dan guru kimia diperoleh rata-rata 3,38 yang
berati telah valid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku ajar kimia inovatif
membantu siswa dalam memahami materi yang diajarkan, baik dalam penggunaan
buku yang baik dan menarik membuat ketertarikan siswa untuk belajar, sehingga
dapat meningkatkan hasil belajar siswa yaitu, pada kelas eksperimen diperoleh
peningkatan SMA Swasta Santa Maria 63,62%, SMA N 1 Tarutung 66,78% dan
SMA Swasta HKBP 2 Tarutung 65,32%. Diharapkan guru dapat menggunakan
buku ajar kimia hasil inovasi berbasis kontekstual untuk meningkatkan prestasi
belajar siswa pada pengajaran kimia dan menghasilkan sumber daya manusia
yang lebih berprestasi lagi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 KIM 159
Keywords: buku ajar berbasis kontekstual; efektifitas; kelayakan BSNP; standarisasi; uji coba bahan ajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 02 Aug 2017 09:34
Last Modified: 02 Aug 2017 03:43
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25150

Actions (login required)

View Item
View Item