PENGEMBANGAN BAHAN AJAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUKASI MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 2 PADANGSIDIMPUAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL

Harahap, Yusrida Hafni (2017) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUKASI MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 2 PADANGSIDIMPUAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8126172042 COVER.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8126172042 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8126172042 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8126172042 PREFACE.pdf - Published Version

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8126172042 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8126172042 TABLES.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8126172042 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8126172042 DIAGRAM.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 8126172042 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8126172042 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 8126172042 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, kepraktisan dan efektivitas bahan ajar melalui model pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP Negeri 2 Padangsidimpuan serta peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menggunakan bahan ajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan modifikasi antara Model pengembangan 4-D. Tahapan penelitian ini adalah tahap pendefenisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop) dan tahap penyebaran (disseminate). Uji coba dilakukan pada siswa kelas IX SMP Negeri 2 Padangsidimpuan. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Validitas bahan ajar untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas IX SMP Negeri 2 Padangsidimpuan adalah sangat valid; 2) Kepraktisan bahan ajar untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas IX SMP Negeri 2 Padangsidimpuan adalah praktis digunakan. Hal ini diperoleh dari hasil analisis data respons siswa terhadap bahan ajar yakni siswa memberikan respons yang positif; 3) Bahan ajar untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas IX SMP Negeri 2 Padangsidimpuan efektif digunakan. Hal ini terlihat dari hasil tes kemampuan komunikasi matematis siswa setelah pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar ini tuntas karena ≥ 80% dari subjek uji coba memenuhi ketuntasan belajar dan adanya aktivitas yang positif dari siswa dan 4) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas IX SMP Negeri 2 Padangsidimpuan dengan menggunakan bahan ajar berada pada kriteria sedang.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDNapitupulu, Elvis196312251988031004
UNSPECIFIEDRangkuti, Yulita Molliq197601222009122001
Call Number: 510.071 2 Har p
Keywords: Pengembangan; Bahan ajar; Kemampuan Komunikasi Matematis; Model Pembelajaran Kontekstual
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 31 Jul 2017 10:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25072

Actions (login required)

View Item View Item