Fajarwati, Lulu (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR TATA BOGA SISWA KELAS X SMA SWASTA ISTIQLAL DELITUA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5123142020 COVER.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
2. NIM. 5123142020 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (526kB) | Preview
3. NIM. 5123142020 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
4. NIM. 5123142020 PREFACE.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
5. NIM. 5123142020 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
6. NIM. 5123142020 TABLES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM. 5123142020 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 5123142020 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
9. NIM. 5123142020 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (493kB) | Preview
13. NIM. 5123142020 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
14. NIM. 5123142020 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Hasil belajar Tata Boga siswa menggunakan media video pembelajaran. 2) Hasil belajar Tata Boga siswa yang menggunakan media gambar. 3) Pengaruh pembelajaran menggunakan media video pembelajaran terhadap hasil belajar Tata Boga pada materi pengetahuan bumbu dan rempah. Desain penelitian ini adalah quasi eksperimen. Lokasi penelitian dilaksanakan di SMA Swasta Istiqlal Delitua. Waktu penelitian dilaksanakan pada semester genap Tahun Ajaran 2016/2017. Penentuan sampel kelas dilakukan dengan teknik simple random sampling sebanyak 2 kelas terpilih yang berjumlah 73 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kecenderungan hasil belajar Tata Boga siswa kelas X2 yang menggunakan media video pembelajaran termasuk kategori cenderung baik sebesar 56,76% dan tingkat kecenderungan hasil belajar Tata Boga siswa kelas X3 yang menggunakan media gambar termasuk kategori cenderung kurang sebesar 41,67%. Berdasarkan hasil test hasil belajar Tata Boga hasil belajar kelompok siswa kelas X2 yang diajar dengan menggunakan media video pembelajaran lebih tinggi dari hasil belajar siswa kelas X3 yang diajar dengan media gambar. Berdasarkan uji hipotesis penelitian diperoleh hasil sebagai berikut thitung>ttabel (5,482>1,668) pada taraf signifikan 5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis tersebut diterima dimana terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara penggunaan media video pembelajaran terhadap hasil belajar Tata Boga.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BOGA 035 |
Keywords: | MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN, HASIL BELAJAR TATA BOGA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education T Technology > TX Home economics > TX642 Cooking |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Jul 2017 14:52 |
Last Modified: | 28 Jul 2017 04:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24951 |