ANALISIS SISTEM ANTRIAN MULTI CHANNEL MULTI PHASE PADA KANTOR BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) REGIONAL I MEDAN

Tarigan, Firdaus (2017) ANALISIS SISTEM ANTRIAN MULTI CHANNEL MULTI PHASE PADA KANTOR BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) REGIONAL I MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01. NIM 4123230012 COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. NIM 4123230012 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. NIM 4123230012 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. NIM 4123230012 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. NIM 4123230012 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. NIM 4123230012 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. NIM 4123230012 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. NIM 4123230012 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09. NIM 4123230012 BAB I.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 4123230012 BAB V.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 4123230012 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis sistem antrian yang berlaku pada pelayanan pendaftaran nasabah pada kantor Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Regional I dan bagaimana mengoptimalkan sistem pelayanan tersebut. Data yang digunakan penulis adalah rata-rata kedatangan pelanggan (λ), rata-rata keberangkatan pelanggan (μ), dan banyaknya server atau petugas yang melayani nasabah yang dilakukan pada pukul 08.00 - 13.00 WIB selama 20 hari dari tanggal 05 Oktober- 01 Nopember 2016. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik uji Chi-Square. Dari hasil penelitian, sistem antrian yang digunakan di kantor Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Regional I menggunakan multi channel multi phase dengan tiga tahap pelayanan. Model antrian pada tahap pertama dan tahap ketiga (M/M/2);(FIFO/∞/∞), sedangkan model antrian pada tahap kedua (M/M/4);(FIFO/∞/∞). Pada pelayanan tahap pertama telah optimal menggunakan dua loket dengan memenuhi steady-state 0,61. Pada pelayanan tahap kedua dengan empat loket telah optimal dengan steady-state 0,35, tetapi berdasarkan simulasi dengan menggunakan software POM-QM for Windows jumlah loket minimalnya sebanyak dua loket dengan steady-state 0,69. Pada pelayanan tahap ketiga tidak optimal dengan menggunakan dua loket dikarenakan steady-state 1,19, berdasarkan simulasi dengan menggunakan software POM-QM for Windows diperoleh jumlah loket optimalnya adalah tiga server.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSusiana, 19790519200501004
Call Number: SK-2017 MAT 066
Keywords: Variabel; Eksponensial; Kendell; Model kelahiran
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 20 Jul 2017 14:42
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24916

Actions (login required)

View Item View Item