PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS LESSON STUDY MENGGUNAKAN MEDIA VIRTUAL LAB TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERI TITRASI ASAM BASA

Ariyani, Ade (2017) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS LESSON STUDY MENGGUNAKAN MEDIA VIRTUAL LAB TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERI TITRASI ASAM BASA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 4133131001 COVER.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 4133131001 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 4133131001 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 4133131001 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 4133131001 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 4133131001 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 4133131001 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 4133131001 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 4133131001 BAB I.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 4133131001 BAB V.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 4133131001 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah peningkatan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning berbasis lesson study menggunakan media virtual lab lebih tinggi daripada peningkatan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional dan aspek kognitif manakah yang paling terkembangkan melalui penerapan model di kelas eksperimen pada materi titrasi asam basa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA di salah satu SMA Negeri kawasan Deli Serdang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini diambil secara random sampling sebanyak dua kelas, yakni satu kelas sebagai kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning berbasis lesson study menggunakan media virtual lab dan satu kelas sebagai kelas kontrol yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari instrumen tes. Instrumen tes yang digunakan sebanyak 20 soal dengan reliabilitas 0,8416. Berdasarkan hasil uji parametrik, diketahui bahwa data hasil pretest, posttest, dan gain ternormalisasi (N-gain) pada kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal dan homogen. Untuk uji hipotesis yaitu uji t pihak kanan dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh data thitung > ttabel yakni 15,56 > 1,6749, yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, peningkatan hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning berbasis lesson study menggunakan media virtual lab (84,07 %) lebih tinggi secara signifikan dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional (47,34 %). Aspek kognitif yang paling terkembangkan pada kelas eksperimen yaitu yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning berbasis lesson study menggunakan media virtual lab pada materi titrasi asam basa adalah aspek kognitif penerapan (C3) sebesar 93,93 %.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSuyanti, Retno Dwi196601261991032003
Call Number: SK-2017 KIM 029
Keywords: Problem Based Learning; Lesson Study; Virtual Lab; Peningkatan Hasil Belajar; Titrasi Asam Basa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 11 Jul 2017 15:06
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24866

Actions (login required)

View Item View Item