MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TWO STAY TWO STARY (TSTS) DI KELAS V SDN 104214 KEDAI DURIAN T.A 2016/2017

Jumini (2017) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TWO STAY TWO STARY (TSTS) DI KELAS V SDN 104214 KEDAI DURIAN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01. COVER JUMINI (NIM 1133311034).pdf]
Preview
Text
01. COVER JUMINI (NIM 1133311034).pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[thumbnail of 02. LEMBAR PERSETUJUAN JUMINI (NIM 1133311034).pdf]
Preview
Text
02. LEMBAR PERSETUJUAN JUMINI (NIM 1133311034).pdf - Published Version

Download (393kB) | Preview
[thumbnail of 03. ABSTRAK JUMINI (NIM 1133311034).pdf]
Preview
Text
03. ABSTRAK JUMINI (NIM 1133311034).pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of 04. KATA PENGANTAR JUMINI (NIM 1133311034).pdf]
Preview
Text
04. KATA PENGANTAR JUMINI (NIM 1133311034).pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[thumbnail of 05. DAFTAR ISI  JUMINI (NIM 1133311034).pdf]
Preview
Text
05. DAFTAR ISI JUMINI (NIM 1133311034).pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 06. DAFTAR TABEL JUMINI (NIM 1133311034).pdf]
Preview
Text
06. DAFTAR TABEL JUMINI (NIM 1133311034).pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[thumbnail of 07. DAFTAR GRAFIK  JUMINI (NIM 1133311034).pdf]
Preview
Text
07. DAFTAR GRAFIK JUMINI (NIM 1133311034).pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[thumbnail of 08. DAFTAR GAMBAR  JUMINI (NIM 1133311034).pdf]
Preview
Text
08. DAFTAR GAMBAR JUMINI (NIM 1133311034).pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 09. DAFTAR LAMPIRAN JUMINI (NIM 1133311034).pdf]
Preview
Text
09. DAFTAR LAMPIRAN JUMINI (NIM 1133311034).pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[thumbnail of 10. BAB I JUMINI (NIM 1133311034).pdf]
Preview
Text
10. BAB I JUMINI (NIM 1133311034).pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[thumbnail of 14. BAB V JUMINI (NIM 1133311034).pdf]
Preview
Text
14. BAB V JUMINI (NIM 1133311034).pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 15. DAFTAR PUSTAKA  JUMINI (NIM 1133311034).pdf]
Preview
Text
15. DAFTAR PUSTAKA JUMINI (NIM 1133311034).pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview

Abstract

Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA Energi dan Perubahannya di kelas Va SD Negeri 104214 Kedai Durian. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas ( PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SDN 104214 Kedai Durian . Populasi dalam penelitian ini adalah kelas V di SDN Negeri 104214 Kedai Durian T.A 2016/2017 yang berjumlah 31 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan angket. Dari hasil penelitian dengan menggunakan angket yang diamati oleh peneliti pada kondisi awal diperoleh motivasi belajar siswa dari 31 siswa terdapat 20 siswa (62%) dengan kategori kurang termotivasi, 7 siswa ( 29%) dikategorikan cukup termotivasi dan 4 siswa (13%) dikategorikan termotivasi. Dan rata-rata kelas kondisi awal yaitu 51. Pada siklus I dengan menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Starymotivasi belajar siswa dari 31 siswa terdapat 12 siswa ( 29%) dengan kategori belum termotivasi , 10 siswa ( 32%) dengan kategori cukup termotivasi , 9 siswa (39%) dengan kategori Termotivasi dan rata-rata siklus I yaitu 65. Dan pada siklus II dengan signifikan motivasi belajar siswa meningkat 31 siswa terdapat 6 siswa (20%) dengan kategori cukup termotivasi, 26 siswa (77%) dengan kategori Termotivasi dan rata-rata siklus II yaitu 83. Hasil penelitian dengan menggunakan lembar observasi pada siklus I pertemuan I dengan menggunakan model Two Stay Two Stary diperoleh hasil motivasi belajar siswa dari 31 orang siswa terdapat 16 siswa ( 57%) dikategorikan kurang termotivasi, 14 siswa ( 45%) dikategorikan cukup termotivasi dan 1 siswa ( 3%) termotivasi rata-rata siklus I yaitu 60. Pada siklus I pertemuan II 9 siswa ( 33%) di kategorikan kurang termotivasi, 12 siswa (45%) dengan kategori cukup termotivasi , 6 siswa ( 22%) dengan kategori termotivasi dan rata-rata 71. Dan pada siklus II pertemuan I 5 siswa (16%) cukup termotivasi, 15 siswa ( 38%) termotivasi , 16 siswa ( 52%) dengan kategori sangat termotivasi dengan rata-rata 82. Sedangkan pada siklus II Pertemuan II dengan signifikan motivasi belajar siswa meningkat diperoleh 2 siswa ( 6%) dikategorikan cukup termotivasi , 8 siswa ( 26%) dengan kategori termotivasi dan 21 siswa ( 68%) dengan kategori sangat termotivasi dan rata-rata kelas 89. Berdasarkan data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Two Stay Two Stary dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan materi energi dan perubahannya di kelas V SDN 104214 Kedai Durian T.A 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 PGSD 197
Keywords: Two stay two stray; Motivasi Belajar Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 11 Jul 2017 09:28
Last Modified: 11 Jul 2017 03:22
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24839

Actions (login required)

View Item
View Item