PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X IIS SMA NEGERI 19 MEDAN TAHUN AJRAN 2016/2017

Rajagukguk, Oktavia (2017) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X IIS SMA NEGERI 19 MEDAN TAHUN AJRAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01. COVER.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. APROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03.PREFACE.pdf - Published Version

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. TABLES OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. TABLES.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. ILUSTRASION.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. APPENDICES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09. CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar, disiplin belajar dan prestasi belajar siswa kelas X IIS SMA N.19 Medan T.A 2016/2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X IIS SMA N.19 Medan, 2) Pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X IIS SMA N.19 Medan, 3) Pengaruh motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X IIS SMA N.19 Medan. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 59 orang dan sampel sebanyak 59 orang yang diambil dengan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah rumus regresi linear berganda, untuk uji hipotesis digunakan rumus uji parsial (uji-t) dan uji simultan (uji-F), dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel X terhadap Y digunakan uji koefisien determinasi (uji R2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X IIS SMA N.19 Medan dengan t hitung > t tabel (4,718 > 2,003) dan taraf signifikansi penelitian lebih kecil dari signifikansi α = 0,05 yaitu (0,00<0,05). 2) Ada pengaruh positif dan signifikan disiplin belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X IIS SMA N.19 Medan dengan t hitung > t tabel (3,734 > 2,003) dan taraf signifikansi penelitian lebih kecil dari signifikansi α = 0,05 yaitu (0,00<0,05). 3) Ada pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X IIS SMA N.19 Medan dengan Fhitung > Ftabel (67,143 > 3,16) dan nilai Sig < α 0,05. Untuk uji koefisien determinasi diperoleh nilai R2 sebesar 0,706 sehingga dapat dikatakan bahwa pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat sebesar 70,6% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lainnya diluar kajian penelitian ini. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh positif dan signifikan antara motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X IIS SMA N.19 Medan T.A 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorRuslan, Dede196507041990031002
Call Number: SK-2017 EKO 017
Keywords: Motivasi belajar; Disiplin belajar; Prestasi belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 11 Jul 2017 09:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24832

Actions (login required)

View Item View Item