EFEK MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING DAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA

Pohan, Dahrim (2017) EFEK MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING DAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8136175003 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8136175003 COVER.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8136175003 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8136175003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8136175003 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8136175003 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8136175003 PREFACE .pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8136175003 PREFACE .pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8136175003 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8136175003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8136175003 LIST OF TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8136175003 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8136175003 LIST OF FIGURES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8136175003 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8136175003 LIST OF APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8136175003 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8136175003 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8136175003 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8136175003 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8136175003 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8136175003 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8136175003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: Keterampilan proses sains siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran inquiry training lebih baik dibandingkan dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional, keterampilan proses sains siswa yang memiliki kemampuan berpikir logis di atas rata-rata lebih baik dari siswa yang memiliki kemampuan berpikir logis dibawah rata-rata, dan ada interaksi antara model pembelajaran inquiry training dengan kemampuan berpikir logis siswa dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Penelitian yang dilakukan secara kuasi eksperimen ini menggunakan siswa SMP N 6 sebagai populasi dan memilih sampel kelas VII-K dan VII-J secara cluster random sampling. Instrument yang digunakan adalah tes essay untuk keterampilan proses sains serta tes pilihan berganda untuk tes kemampuan berpikir logis. Data yang dihasilkan dianalisis dengan menggunakan ANAVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Keterampilan proses sains siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran inquiry training lebih baik dibandingkan dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional, Keterampilan proses sains siswa yang memiliki kemampuan berpikir logis di atas rata-rata lebih baik dari siswa yang memiliki kemampuan berpikir logis dibawah rata-rata dan Ada interaksi antara model pembelajaran inquiry training dengan kemampuan berpikir logis siswa dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 530.071 Poh e
Keywords: Inquiry training; Logical thinking ability; Skill of science process
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 10 Jul 2017 13:29
Last Modified: 10 Jul 2017 06:33
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24808

Actions (login required)

View Item
View Item