HUBUNGAN MINAT DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X MIA DAN X IIS PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI PROGRAM LINTAS MINAT DI SMA NEGERI 1 GALANG

Barus, Ewi Mellysa (2017) HUBUNGAN MINAT DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X MIA DAN X IIS PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI PROGRAM LINTAS MINAT DI SMA NEGERI 1 GALANG. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1 NIM. 8156173005 COVER.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 NIM.8156173005 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 NIM.8156173005 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 NIM.8156173005 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 NIM. 8156173005 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 NIM.8156173005 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 NIM.8156173005 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 NIM.8156173005 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 NIM.8156173005 BAB I.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 NIM.8156173005 BAB V.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 NIM.8156173005 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (326kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara minat (X1) dan konsep diri (X2) dengan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X MIA dan X IIS pada mata pelajaran biologi program lintas minat. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan deskriptif studi korelasional. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik total sampling yaitu seluruh siswa kelas X MIA dan X IIS SMA Negeri 1 Galang yang terdiri dari 4 kelas X MIA dan 3 kelas X IIS dengan jumlah siswa sebanyak 112 orang pada kelas X MIA dan 97 orang pada kelas X IIS. Teknik pengumpulan data berupa tes kemampuan berpikir kritis, skala minat dan skala konsep diri. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan rumus korelasi dan regresi. Hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat hubungan minat dengan kemampuan berpikir kritis pada kelas X MIA dengan nilai korelasi sebesar 0,408 persamaan regresi Ŷ= 48,169 + 0,408X1, hubungan konsep diri dengan kemampuan berpikir kritis dengan nilai korelasi 0,435 persamaan regresi Ŷ= 43,339 + 0,505X2, hubungan minat dan konsep diri secara bersama-sama dengan kemampuan berpikir kritis dengan nilai korelasi sebesar 0,485 persamaan regresi Ŷ= 36,797 + 0,250X1 + 0,356X2. Hubungan minat dan konsep diri dengan nilai korelasi 0,515 dengan persamaan regresi Ŷ= 26,123 + 0,598X1. Hasil penelitian pada kelas X IIS disimpulkan bahwa terdapat hubungan minat dengan kemampuan berpikir kritis dengan nilai korelasi sebesar 0,402 persamaan regresi Ŷ= 44,322 + 0,461X1, hubungan konsep diri dengan kemampuan berpikir kritis dengan nilai korelasi 0,403 persamaan regresi Ŷ= 46,533 + 0,447X2, hubungan minat dan konsep diri dengan kemampuan berpikir kritis secara bersama-sama dengan nilai korelasi sebesar 0,455 persamaan regresi Ŷ= 38,922 + 0,294X1 + 0,286X2. Hubungan minat dan konsep diri dengan nilai korelasi 0,565 dengan persamaan regresi Ŷ= 25,887 + 0,546X1

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorRestuati, Martina196303211988032002
Thesis advisorGultom, Tumiur196807162005012001
Call Number: 570.071 2 Bar h
Keywords: Konsep diri; Minat; Berpikir kritis; Biologi; Program lintas minat
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 03 May 2017 09:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24475

Actions (login required)

View Item View Item