PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DRIBBLING DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA PADA SISWA KELAS X SMA HARAPAN 3 MEDAN TAHUN AJARAN 2015/2016

Arpfan, Aidil (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DRIBBLING DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA PADA SISWA KELAS X SMA HARAPAN 3 MEDAN TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 6103311015 COVER.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 6103311015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 6103311015 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 6103311015 PREFACE.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 6103311015 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 6103311015 TABLES.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 6103311015 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 6103311015 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 6103311015 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 6103311015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan dribling dalam permainan sepak bola dengan menggunakan model pembelajaran Direct Instruction Pada Siswa Kelas X SMA Harapan 3 Medan Tahaun Ajaran 2015/2016. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMA Harapan 3 Medan, waktu penelitian pada tanggal 28 September dan 5 Oktober Tahun 2016. Objek dalam penelitian ini adalah menggunakan Model pembelajaran Direct Instruction untuk meningkatkan hasil belajar Dribbling dalam permainan sepak bola. Sedangkan subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-C yang berjumlah 30 orang siswa. Jenis penelitian ini adalah menggunakan metode PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah lembar fortofolio penilaian hasil belajar Dribbling dalam permainan sepak bola. Data awal yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam melakukan teknik Dribbling dalam permainan sepak bola masih rendah dan hal ini berdampak pada hasil belajar siswa. Hasil penelitian pada Siklus I menunjukkan bahwa hasil belajar Dribbling dalam permainan sepak bola yaitu sebanyak 19 orang siswa terdiri dari 12 pria dan 7 wanita (63,33%) siswa yang tuntas dalam belajarnya, dan 11 orang siswa terdiri dari 2 pria dan 9 wanita (36,66%) siswa yang tidak tuntas belajarnya. Nilai rata-rata hasil belajar siswa dalam melakukan teknik dasar Dribbling dalam permainan sepak bola mencapai (73,33). Pada siklus II yaitu sebanyak 24 orang siswa terdiri dari 12 pria dan 12 wanita (80%) siswa yang tuntas belajarnya, dan 6 orang siswa terdiri dari 2 pria dan 4 wanita (20%) siswa yang tidak tuntas belajarnya, dan nilai rata-rata hasil belajar siswa dalam melakukan teknik Dribbling dalam permainan sepak bola mencapai (78,05).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSunarno, Agung196601551992031003
Call Number: SK-2017 PJS 008
Keywords: Pendidikan Jasmani, hasil belajar, Model Pembelajaran
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc.
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 28 Apr 2017 07:58
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24391

Actions (login required)

View Item View Item