PEMBELAJARAN SAXOPHONE PADA LEVEL I (PEMULA) DI LEMBAGA PENDIDIKAN MUSIK FARABI MEDAN

Nainggolan, Hendra j (2017) PEMBELAJARAN SAXOPHONE PADA LEVEL I (PEMULA) DI LEMBAGA PENDIDIKAN MUSIK FARABI MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 2123140027 COVER.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 .NIM 2123140027 APPROVA SHEET.pdf - Published Version

Download (575kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 .NIM 2123140027 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 2123140027 PREFACE .pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 2123140027 TABLE OF CONTENT .pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 2123140027 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 2123140027 LIST OF TABLES .pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 2123140027 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (537kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM 2123140027 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 2123140027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan Pembelajaran Saxophone Pada Level I (Pemula) di Lembaga Pendidikan Musik Farabi Medan. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pembelajaran saxophone pada level I (pemula) di Lembaga Pendidikan Musik Farabi Medan, untuk mengetahui metode pembelajaran saxophone pada level I (pemula) yang digunakan di Lembaga Pendidikan Musik Farabi Medan, untuk mengetahui materi pembelajaran saxophone pada level I (pemula) di Lembaga Pendidikan Musik Farabi Medan, untuk mengetahui kemampuan pembelajaran saxophone pada level I (pemula) di Lembaga Pendidikan Musik Farabi Medan, untuk mengetahui kendala yang didapatkan dalam pembelajaran saxophone pada level I (pemula) di Lembaga Pendidikan Musik Farabi Medan. Penelitian ini berdasarkan landasan teoritis yang menjelaskan teori pembelajaran, teori metode pembelajaran, teori materi pembelajaran, teori kemampuan belajar, teori kendala, dan saxophone. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang mengikuti kelas saxophone pada level I (pemula). Pengumpulan data ini dilakukan dengan metode observasi atau pengamatan, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Setelah keseluruhan data terkumpul, kemudian dianalisis untuk menjawab seluruh pertanyaan penelitian. Proses pembelajaran dilakukan selama 30` menit, waktu yang digunakan untuk menjelaskan teori dan praktek berlangsung bersama-sama. Tahap pelaksanaan pembelajaran saxophone pada level I (pemula), murid yang mengikuti kelas ini berasal dari umur yang berbeda-beda. Pertemuannya pun diatur sedemikan rupa berdasarkan jadwal yang telah disepakati dengan pengajar. Didalam proses pembelajaran saxophone pada level I (pemula) ini materi yang digunakan mengacau pada materi yang telah disusun oleh pengajar saxophone itu sendiri, dengan beberapa metode yaitu metode ceramah, metode diskusi, metode demonstrasi, metode imitasi, dan metode CAL. Murid dikatakan mampu jika murid dapat memainkan saxophone dengan benar, bermain saxophone sesuai teknik yang benar, dan menguasai materi pada pembelajaran saxophone pada level I (pemula) dengan benar. Kendala dalam proses pembelajaran terdapat pada guru dan murid.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorWidiastuti, Uyuni197106072005022001
Call Number: SK-2017 MUS 007
Keywords: Pembelajaran, Saxophone, Level I (pemula)
Subjects: M Music and Books on Music > M Music
M Music and Books on Music > M Music > M5 Instrumental music > M1470 Aleatory music. Electronic music. Mixed media
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 19 Apr 2017 02:27
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24080

Actions (login required)

View Item View Item