EFEK MODEL SCIENTIFIC INQUIRY MENGGUNAKAN MEDIA PHET DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA

Safarati, Nanda (2017) EFEK MODEL SCIENTIFIC INQUIRY MENGGUNAKAN MEDIA PHET DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM.  8156176034 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8156176034 COVER.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM.  8156176034 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8156176034 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (640kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM.  8156176034 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8156176034 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM.  8156176034 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8156176034 PREFACE.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM.  8156176034 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8156176034 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM.  8156176034 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8156176034 TABLES.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM.  8156176034 ILLUSTRARTION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8156176034 ILLUSTRARTION.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM.  8156176034 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8156176034 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM.  8156176034 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8156176034 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (433kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM.  8156176034 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8156176034 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM.  8156176034 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8156176034 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: keterampilan proses sains yang diajarkan dengan model scientific inquiry menggunakan media PhET lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran direct instruction, keterampilan proses sains fisika siswa yang memiliki keterampilan berpikir kritis menggunakan model scientific inquiry diatas rata-rata lebih baik daripada siswa yang memiliki keterampilan berpikir kritis menggunakan model direct instruction di atas rata-rata, dan interaksi model pembelajaran scientific inquiry menggunakan media PhET dengan keterampilan berpikir kritis siswa dalam meningkatkan keterampilan proses sains fisika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain two group pretest-posttest design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Peusangan semester II tahun ajaran 2016/2017. Sampel dalam penelitian ini diambil secara cluster random sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes keterampilan proses sains dan tes keterampilan berpikir kritis. Data yang dihasilkan dianalisis dengan menggunakan ANAVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: keterampilan proses sains siswa yang diajarkan dengan model scientific inquiry menggunakan media PhET lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran direct instruction, keterampilan proses sains fisika siswa yang memiliki keterampilan berpikir kritis menggunakan model scientific inquiry diatas rata-rata lebih baik daripada siswa yang memiliki keterampilan berpikir kritis menggunakan model direct instruction di atas rata-rata, dan terdapat interaksi model pembelajaran scientific inquiry menggunakan media PhET dengan keterampilan berpikir kritis siswa dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 530.071 2 Saf e
Keywords: Model scientific inquiry menggunakan media PhET; Keterampilan berpikir kritis; Keterampilan proses sains
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 18 Apr 2017 03:07
Last Modified: 18 Apr 2017 03:07
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24032

Actions (login required)

View Item
View Item