PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READINGS AND COMPOSITION DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD NEGERI 101797 DELITUA T.A 2016 / 2017

Aritonang, Elisabeth (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READINGS AND COMPOSITION DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD NEGERI 101797 DELITUA T.A 2016 / 2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. ELISABETH ARITONANG, 1133111018, COVER.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ELISABETH ARITONANG,1133111018, LEMBAR PERSETUJUAN & LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.ELISABETH ARITONANG, 1133111018,ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.ELISABETH ARITONANG,1133111018, KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.ELISABETH ARITONANG,1133111018, DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6.ELISABETH ARITONANG,1133111018,DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.ELISABETH ARITONANG,1133111018,DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8.ELISABETH ARITONANG,1133111018, DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9.ELISABETH ARITONANG,1133111018, BAB I.pdf - Published Version

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14.ELISABETH ARITONANG,1133111018,DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15.ELISABETH ARITONANG,1133111018,LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi menulis puisi bebas dengan pilihan kata yang tepat. Beberapa masalah yang menyebabkan rendahnya motivasi belajar siswa yaitu metode yang digunakan guru dalam mengajar masih monoton dan tidak bervariasi, siswa belum mampu memenuhi aturan menulis puisi bebas, guru tidak memberikan latihan pada saat materi menulis puisi bebas. Dengan demikian rumusan masalah pada penelitian ini adalah “apakah penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Readings And Composition pada siswa kelas V SD Negeri 101797 Delitua dapat meningkatkan motivasi belajar siswa”. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran Cooperative Integrated Readings And Composition dalam meningkatkan motivasi belajar Bahasa Indonesia Siswa kelas V SD Negeri 101797 Delitua. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, siklus I dan siklus II. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 101797 Delitua yang berjumlah 30 siswa. Sebelum dilakukan tindakan pada siklus I, peneliti melakukan observasi untuk mengetahui kondisi awal motivasi belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa pada saat kondisi awal dari 30 siswa,3 orang siswa yang memperoleh kriteria motivasi sangat tinggi dengan persentase 10%, 2 orang siswa yang memperoleh kriteria motivasi tinggi dengan persentase 6,67%, selanjutnya 4 orang siswa yang memperoleh kriteria motivasi sedang dengan persentase13,33%, dan 21 orang siswa yang memperoleh kriteria motivasi rendah dengan persentase 70%. Dari hasil kondisi awal ditindaklanjut pada siklus I dengan menerapkan model CIRC diperoleh hasil yaitu 4 orang siswa yang memiliki kriteria sangat tinggi dengan persentase 13,33%, 8 orang siswa yang memiliki kriteria tinggi dengan persentase 26,67%, sedangkan 2 orang yang memiliki kriteria sedang dengan persentase 6,67%, dan 16 orang siswa yang memiliki kriteria rendah dengan persentase 53,33%. Dari hasil siklus I peneliti menindaklanjuti pada siklus II dengan perolehan 26 orang siswa yang memiliki kriteria sangat tinggi dengan persentase 86.67%, 2 orang siswa yang memiliki kriteria tinggi dengan persentase 6,67%, kemudian 2 orang siswa yang memiliki kriteria sedang dengan persentase 6,67%, dan sudah tidak ada siswa yang memiliki kriteria rendah. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Readings And Composition Dapat Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Negeri 101797 Delitua T.A 2016/ 2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSimanjuntak, Sortha19590610185032001
Call Number: SK-2016 PGSD 034
Keywords: Motivasi, Model Pembelajaran, menulis puisi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 17 Apr 2017 02:07
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23996

Actions (login required)

View Item View Item