PENERAPAN METODE REWARD AND PUNISMENT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SDN 101800 DELITUA T.A 2016/2017

Tarigan, MR Pocky Ray Robby (2017) PENERAPAN METODE REWARD AND PUNISMENT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SDN 101800 DELITUA T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01. NIM 1133311115 COVER.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. NIM 1133311115 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (845kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. NIM 1133311115 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. NIM 1133311115 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. NIM 1133311115 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. NIM 1133311115 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. NIM 1133311115 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. NIM 1133311115 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09. NIM 1133311115 BAB I.pdf - Published Version

Download (511kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 1133311115 BAB V.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 1133311115 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (343kB) | Preview

Abstract

Masalah dari penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa pada pelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika dengan penerapan metode reward and punishmentmateri pokok satuan panjang baku. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 101800 Delitua yang beralamat di Jl. Teratai, DeliTua. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SD Negeri 101800 Delitua T.A 2016/2017 yang berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah observasi. Hasil pengamatan dan data penelitian yang dilakukan terhadap peningkatan motivasi belajar siswa pada materi ajar satuan panjang baku dengan menggunakan metode reward and punishment pada kelas IV SD Negeri 101800 Delitua, maka peneliti membuat kesimpulan sebagai berikut, pada siklus I peningkatan motivasi belajar siswa sudah mulai tampak, namun belum dikatakan berhasil karena masih banyak siswa yang memiliki motivasi baik, peningkatan motivasi siklus I ada sekitar 26,67% yang motivasi belajar sangat baik, dan motivasi belajar siswa baik menjadi 56,66% dan indikator untuk siswa yang motivasi belajar cukup 16,67%. Pada siklus II motivasi belajar siswa sudah tampak dan sudah bisa dikatakan berhasil, karena ada 3 orang siswa yang memiliki kriteria motivasi belajar siswa baik (10%), dan 27 orang siswa yang memiliki kriteria motivasi belajar sangat baik (90%).Hasil pengamatan lembar observasi guru dalam menerapkan metode reward and punishment juga mengalami peningkatan sebagai berikut: pada siklus I pertemuan 1 dan 2, nilai rata-rata lembar observasi guru adalah 81,875. Pada siklus II pertemuan 3 dan 4 meningkat dengan nilai rata-rata mencapai 95. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode reward and punishment dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran matematika khususnya materi pokok satuan panjang baku.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorGinting, Masta195505251981032001
Call Number: SK-2017 PGSD 041
Keywords: Reward and Punisment,Motivasi Belajar Siswa, Matematika
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 17 Apr 2017 02:03
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23995

Actions (login required)

View Item View Item