MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL THINK-PAIR-SHARE PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III SD NEGERI 028068 BINJAI TIMUR T.A 2016 / 2017

Ginting, Silvina Ricca Br. (2017) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL THINK-PAIR-SHARE PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III SD NEGERI 028068 BINJAI TIMUR T.A 2016 / 2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 1131111039_COVER.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 1131111039_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 1131111039_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 1131111039_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 1131111039_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 1131111039_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 1131111039_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 1131111039_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 1131111039_BAB I.pdf - Published Version

Download (467kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 1131111039_BAB V.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 1131111039_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview

Abstract

Peneliti merumuskan masalah, yaitu “Apakah penggunaan model pembelajaran Think-Pair-Share dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi pokok pecahan siswa kelas III SD Negeri 028068 Binjai Timur”? Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah peserta didik kelas III yang berjumlah 27 orang siswa yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan di SD Negeri 028068 Binjai Timur. Objek dalam penelitian ini adalah pengaruh penggunaan model pembelajaran Think-Pair-Share dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran matematika materi pokok pecahan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa pada pelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran di kelas III SD Negeri 028068 Binjai Timur. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus, dimana setiap siklus dilakukan 2 kali pertemuan. Dalam setiap siklus dilakukan melalui 4 tahap, yaitu perencanaan, Tindakan I, Pemantauan, dan refleksi. Alat pengumpul data yang digunakan adalah angket dan observasi. Sebelum dilakukan tindakan pada siklus I, peneliti terlebih dahulu mengamati proses pembelajaran awal siswa bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar siswa dan kekurangan dalam proses kegiatan belajar mengajar. Berdasarkan analisis data observasi pada kondisi awal, diperoleh 7,41%. Pada pertemuan I diperoleh 7,41%. Pada pertemuan II meningkat ,diperoleh 22,22%. Siklus II pada pertemuan I diperoleh 85,18%. Dan pertemuan II diperoleh 92,59% mengalami peningkatkan. Hasil angket Siklus I diperoleh 29,63%, Siklus II diperoleh 92,59% mengalami peningkatan. Penilaian pada peneliti yang dilakukan oleh guru kelas III pada siklus I pertemuan I diperoleh 71,42%, pertemuan II diperoleh 78,57% dan siklus II pertemuan I diperoleh 82,14% dan pada pertemuan II diperoleh 96,43%, dari siklus I sampai siklus II terjadi peningkatan peniliti dalam mengajar dan semakin baik lagi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan model Think-Pair-Share pada mata pelajaran matematika kelas III SD Negeri 028068 Binjai Timur. Oleh karena itu, model pembelajaran Think-Pair-Share dapat diterapkan sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorKaro-karo, Demmu195810071985011001
Call Number: SK-2017 PGSD 009
Keywords: Model pembelajaran; Think-pair-share; Motivasi belajar; Materi pecahan; Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LT Textbooks
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 11 Apr 2017 07:44
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23923

Actions (login required)

View Item View Item