PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PEKERJAAN DASAR TEKNIK OTOMOTIF KOMPETENSI DASAR ALAT UKUR PADA SISWA KELAS X TKR SMK PAB 12 SAENTIS

Pangestu, Nanang (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PEKERJAAN DASAR TEKNIK OTOMOTIF KOMPETENSI DASAR ALAT UKUR PADA SISWA KELAS X TKR SMK PAB 12 SAENTIS. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01 NIM 5121122004 COVER.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02 NIM 5121122004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03 NIM 5121122004 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04 NIM 5121122004 PREFACE.pdf - Published Version

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05 NIM 5121122004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06 NIM 5121122004 TABLE.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07 NIM 5121122004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08 NIM 5121122004 APENDICES.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09 NIM 5121122004 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (519kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 NIM 5121122004 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 NIM 5121122004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar mata pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif kompetensi dasar alat ukur elektrik dan elektronik pada siswa Kelas X TKR SMK PAB 12 Saentis T.A. 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental yaitu pretest – posttest control group design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X teknik kendaraan ringan yang terdiri dari 2 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara teknik random sampling yaitu kelas X TKR 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 26 orang dan kelas X TKR 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 25 orang. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning, sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda dengan jumlah 25 soal. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar menggunakan model pembelajaran problem based learning lebih tinggi dari pada hasil belajar model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif Kompetensi Dasar Alat Ukur Siswa Kelas X TKR SMK PAB 12 Saentis. Tahun Ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
UNSPECIFIEDSuherman, 195507011983031004
Call Number: SK-2017 OTM 017
Keywords: Model pembelajaran; Problem based learning; Hasil belajar; Alat ukur
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
T Technology > T Technology (General)
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 07 Apr 2017 09:17
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23871

Actions (login required)

View Item View Item