HUBUNGAN MINAT MASUK PENDIDIKAN KEJURUAN DAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN HASIL BELAJAR SISTEM REM SISWA TINGKAT II KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK IMMANUEL 1 KABANJAHE TAHUN AJARAN 2016/2017

Sembiring, Eddy Kindiya (2017) HUBUNGAN MINAT MASUK PENDIDIKAN KEJURUAN DAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN HASIL BELAJAR SISTEM REM SISWA TINGKAT II KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK IMMANUEL 1 KABANJAHE TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01. NIM 5123122009 COVER.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. NIM 5123122009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. NIM 5123122009 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. NIM 5123122009 PREFACE.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. NIM 5123122009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. NIM 5123122009 TABLE.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. NIM 5123122009 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. NIM 5123122009 APENDICES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09. NIM 5123122009 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (593kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 5123122009 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 5123122009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan minat masuk pendidikan kejuruan dan kecerdasan emosional dengan hasil belajar sistem rem. Metode penelitian ini bersifat deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini adalah 55 orang siswa tingkat II kompetensi keahlian teknik kendaraan ringan. Jumlah sampel ditentukan berdasarkan tabel Krajcei dan Morgan, yaitu sebanyak 48 orang. Data variabel minat masuk pendidikan kejuruan dan kecerdasan emosional dijaring dengan menggunakan angket, sedangkan hasil belajr sistem rem diambil melalui nilai dokumentasi. Hasil uji coba angket minat masuk pendidikan kejuruan dari 30 butir yang tidak valid adalah 5 butir jadi untuk menjaring data penelitian digunakan 25 butir angket dengan reliabilitas 0,913 yang termasuk pada kategori sangat tinggi. Begitu juga dengan kecerdasan emosional dari 30 butir angket yang tidak valid adalah 6 butir jadi untuk menjaring data penelitian digunakan 24 butir angket dengan reliabilitas 0,889 yang termasuk kedalam kategori sangat tinggi juga. Hasil analisis korelasi antara variabel menunjukkan terdapat hubungan yang positif dan berarti antara minat masuk pendidikan kejuruan dengan hasil belajar sistem rem dengan koefisien korelasi rx1y sebesar 0,822. Begitu juga dengan korelasi antara variabel kecerdasan emosional dengan hasil belajar sistem rem menunjukkan korelasi yang berarti dengan koefisien korelasi rx2y sebesar 0,503 dimana pada taraf signifikansi 5% untuk jumlah responden sebanyak 48 orang, rtabel = 0,284. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan berarti antara minat masuk pendidikan kejuruan dengan hasil belajar sistem rem ry1,2 sebesar 0,793. Hasil uji hipotesis juga menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan berarti antara variabel kecerdasan emosional dengan hasil belajar sistem rem ry2,1 sebesar 0,382. Hasil korelasi regresi ganda menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan berarti antara minat masuk pendidikan kejuruan dan kecerdasan emosional secara bersama-sama dengan hasil belajar sistem rem dengan koefisien korelasi (R) sebesar 0,850 sementara itu diperoleh koefisien determinasi (R2) sebesar 0,723 yang berarti bahwa 72,3% hasil belajar sistem rem dapat dipengaruhi oleh minat masuk pendidikan kejuruan dan kecerdasan emosional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorKhoiri, 195508011986011001
Call Number: SK-2017 OTM 016
Keywords: Minat; Kecerdasan; Emosional; Hasil belajar; Sistem rem
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL1 Motor vehicles. Cycles
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 07 Apr 2017 03:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23863

Actions (login required)

View Item View Item