PERBEDAAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR ANTARA SISWA YANG DIBERI PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI SMP IT AL-HIJRAH DELI SERDANG

Putri, Maharani (2016) PERBEDAAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR ANTARA SISWA YANG DIBERI PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI SMP IT AL-HIJRAH DELI SERDANG. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
NIM. 8146171048 COVER.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 8146171048 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (993kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 8146171048 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 8146171048 PREFACE.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 8146171048 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 8146171048 TABLES.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 8146171048 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 8146171048 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 8146171048 CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (769kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 8146171048 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 8146171048 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan penalaran matematis dan kemandirian belajar antara siswa yang diberi pembelajaran inkuiri dengan pembelajaran berbasis masalah. Selain itu, dalam penelitian ini juga diselidiki apakah terdapat atau tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematik terhadap kemampuan penalaran dan kemandirian belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP IT Al-Hijrah Deli Serdang. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas eksperimen, yaitu kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen 1 mendapat perlakuan dengan pembelajaran inkuiri dan kelas VIII-B sebagai kelas eksperimen 2 mendapat perlakuan dengan pembelajaran berbasis masalah. Hasil analisis data terhadap tes kemampuan awal, tes kemampuan penalaran dan angket kemandirian belajar menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen. Selanjutnya untuk menjawab rumusan masalah digunakan ANAVA dua jalur. Dari hasil perhitungan ANAVA didapat kesimpulan bahwa: (1) Terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis antara siswa yang diberi pembelajaran inkuiri dengan siswa yang diberi pembelajaran berbasis masalah. (2) Terdapat perbedaan kemandirian belajar siswa yang diberi pembelajaran inkuiri dengan siswa yang diberi pembelajaran berbasis masalah. (3) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal matematik terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. (4) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal matematik terhadap kemandirian belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMinarni, Ani196510101992032003
Thesis advisorDewi, Izwita196207061989032001
Call Number: 510.071 Put p
Keywords: Pembelajaran inkuiri; Pembelajaran berbasis masalah; Kemampuan penalaran; Kemandirian belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 22 Mar 2017 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23812

Actions (login required)

View Item View Item