HUBUNGAN PERSEPSI TERHADAP PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PENGGUNAAN DAN PEMELIHARAAN ALAT UKUR SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK NEGERI 4 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017

Kasuma, Budi Alam (2017) HUBUNGAN PERSEPSI TERHADAP PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PENGGUNAAN DAN PEMELIHARAAN ALAT UKUR SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK NEGERI 4 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01. NIM 5123122005 COVER.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. NIM 5123122005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (494kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. NIM 5123122005 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. NIM 5123122005 PREFACE.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. NIM 5123122005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. NIM 5123122005 TABLE.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. NIM 5123122005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. NIM 5123122005 APENDICES.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09. NIM 5123122005 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (520kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 5123122005 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 5123122005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara Persepsi Terhadap Penggunaan Media Pembelajaran dan Motivasi Belajar dengan dengan Hasil Belajar Penggunaan dan Pemeliharaan Alat Ukur Siswa Kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 4 Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian korelasional, memakai instrumen angket model Likert dan dokumentasi. Jumlah populasi 40 siswa dan diperoleh sampel sebanyak 38 siswa, cara pengambilan sampel dengan teknik Sampling Random. Uji validitas instrumen menggunakan koefisien korelasi Product Moment, dan uji reabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Hasil penelitian di analisis menggunakan koefisien korelasi korelasi Product Moment korelasi parsial dan korelasi ganda dengan bantuan program SPSS 16.0. Dari hasil analisis pada N = 38 taraf signifikan 5 % diperoleh rtabel = 0,320 hubungan antara persepsi terhadap penggunaan media pembelajaran dengan hasil belajar penggunaan dan pemeliharaan alat ukur diperoleh rhitung = 0,794 dan rparsial = 0,610, hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar penggunaan dan pemeliharaan alat ukur diperoleh rhitung = 0,796 dan rparsial = 0,614, hubungan antara persepsi terhadap penggunaan media pembelajaran dan motivasi belajar dengan hasil belajar penggunaan dan pemeliharaan alat ukur diperoleh rhitung = 0,642. Dengan demikian maka variabel persepsi terhadap penggunaan media pembelajaran, motivasi belajar dan hasil belajar penggunaan dan pemeliharaan alat ukur memiliki hubungan yang signifikan. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi terhadap penggunaan media pembelajaran dan motivasi belajar dengan hasil belajar penggunaan dan pemeliharaan alat ukur pada siswa kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 4 Medan Tahun Ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorTambunan, Bisrul Hapis197306272003121002
Call Number: SK-2017 OTM 010
Keywords: Persepsi; Media pembelajaran; Motivasi belajar; Hasil belajar; Alat ukur
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
T Technology > T Technology (General)
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 22 Mar 2017 08:23
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23809

Actions (login required)

View Item View Item