PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KREATIF PRODUKTIF TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BANDAR MASILAM TAHUN PEMBELAJARAN 2011/2012

Khariani,, Mawaddah (2011) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KREATIF PRODUKTIF TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BANDAR MASILAM TAHUN PEMBELAJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA..pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pengaruh strategi pembelajaran kreatif produktif terhadap kemampuan menulis naskah drama. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bandar Masilam tahun pembelajaran 2011/2012. Untuk penelitian tersebut data diambil dari 32 sampel yang berasal dari 123 populasi. Pengambilan data dilakukan dengan instrument penugasan, yaitu menulis naskah drama. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu, dengan menggunakan rumus uji “t” sebagai berikut: ( 1) 2 − = Σ n n d t D Dari pengolahan data diperoleh nilai rata-rata pretest = 67,81, standar deviasi = 10,03, dan termasuk pada kategori baik 25%, kategori cukup 43,75%, kategori kurang 12,50%, dan sangat kurang = 18,75%. Nilai rata-rata postest = 77,84, standar deviasi = 9,11, dan termasuk kategori sangat baik = 25%, kategori baik = 46,88%, kategori cukup = 21,87%, dan kurang 6,25%. Berdasarkan uji normalitas, hasil pretest dan postest dinyatakan dalam distribusi normal. Kemudian, berasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan uji homegenitas dilakukan, mak diketahui to sebesar 6,86. Selanjutnya to tersebut dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikansi 5% dengan df = N-1, yakni 32-1, dari df = 31 diperoleh taraf signifikansi 5% = 2,04. Dengan demikian thitung > ttabel, yakni 6,86 > 2,04, maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa penggunaan Strategi Pembelajaran Kreatif Produktif berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis naskah drama siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bandar Masilam Tahun pembelajaran 2011/2012.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Call Number: SK-2011 IND
Keywords: Strategi Pembelajaran,Menulis,Naskah Drama
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1600 Drama
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 09 Mar 2017 07:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23655

Actions (login required)

View Item View Item