PENERAPAN METODE INTERAKSI EDUKATIF DALAM MENGUNGKAPKAN PENGALAMAN DENGAN KALIMAT EFEKTIF SISWA KELAS VII SMP NEGERI 12 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2009/2010

Nababan, Ernie B. (2010) PENERAPAN METODE INTERAKSI EDUKATIF DALAM MENGUNGKAPKAN PENGALAMAN DENGAN KALIMAT EFEKTIF SISWA KELAS VII SMP NEGERI 12 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2009/2010. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
PENGESAHAN & COVER.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (431kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pengaruh metode interaksi edukatif terhadap kemampuan mengungkapkan pengalaman dengan kalimat efektif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 12 Medan, Tahun Pembelajaran 2009/2010 yang berjumlah 404 orang. Sampel penelitian yaitu kelas VII8. Pengambilan sampel dilakukan secara cluster atau cluster sampling. Instrument yang digunakan untuk menyaring data adalah tes. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu, dengan menggunakan uji ”t” sebagai berikut : Dari pengolahan data, diperoleh nilai rata-rata pretest = 65, standar deviasi =7,26, penyebaran nilai siswa terbanyak adalah 65=25%. Nilai rata-rata postest = 75, standar deviasi = 8,62 dan penyebaran nilai siswa terbanyak adalah 75=27,8%. Berdasarkan uji normalitas, hasil pretest dan postest dinyatakan berdistribusi normal. Kemudian, berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan uji homogenitas dilakukan, maka diketahuilah to sebesar 2,1. Selanjutnya, to tersebut dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikansi 5% dengan df = N-1, yakni 36-1 =35. dari df = 35 diperoleh taraf signifikansi 5% = 2,04. Dengan demikian thitung > ttabel, yakni 2,1 > 2,04, maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode interaksi edukatif berpengaruh signifikan terhadap kemampuan mengungkapkan pengalaman dengan kalimat efektif siswa kelas VII SMP N 12 Medan, Tahun Pembelajaran 2009/2010.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorAnsari, Khairil19630910 198803 1 002
Call Number: SK-2010 IND
Keywords: Metode Interaksi Edukatif,Kalimat,Koherensi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P201 Comparative grammar
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 07 Mar 2017 08:16
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23617

Actions (login required)

View Item View Item