PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KONSEP DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA SISWA SMK DI STABAT

Rambey, Joni Syafrin (2017) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KONSEP DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA SISWA SMK DI STABAT. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (424kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR .pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI .pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. B A B I .pdf - Published Version

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB V .pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA .pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) hasil belajar Konsep Dasar Listrik dan Elektronika siswa yang menggunaan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih tinggi dari yang menggunaan strategi pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw; 2) hasil belajar Konsep Dasar Listrik Dan Elektronika siswa yang memiliki minat belajar tinggi lebih tinggi dari yang memiliki minat belajar rendah; 3) interaksi antara strategi pembelajaran dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran Konsep Dasar Listrik Dan Elektronika. Penelitian dilakukan di SMK Putra Jaya dan SMK Harapan di Kecamatan Stabat Kabupaten Langkat. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling. Sampel penelitian ini berjumlah 60 siswa. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data berupa tes hasil belajar yang berbentuk obyektif dan angket untuk mengetahui minat belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain faktorial 2×2. Teknik analisis yang digunakan adalah Analisis Varians (ANAVA) pada taraf signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Hasil belajar Konsep Dasar Listrik Dan Elektronika siswa yang menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih tinggi dari pada siswa yang menggunakan tipe Jigsaw, dengan Fhitung = 5,56 > Ftabel = 4,016. Dalam hal ini hasil belajar Konsep Dasar Listrik dan Elektronika siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih tinggi dibanding dengan siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw 2) Hasil belajar Konsep Dasar Listrik Dan Elektronika siswa yang memiliki minat belajar tinggi lebih tinggi dari pada siswa yang memiliki minat belajar rendah Fhitung = 37,90 > Ftabel = 4,016. Dalam hal ini hasil belajar Konsep Dasar Listrik Dan Elektronika siswa yang memiliki minat belajar tinggi lebih tinggi daripada siswa yang memiliki minat belajar rendah; 3) ada interaksi antara strategi pembelajaran dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar Konsep Dasar Listrik Dan Elektronika Fhitung = 4,21 > Ftabel =4,016. Berdasarkan hasil penelitian di atas peneliti menyarankan sebagai berikut: pertama, untuk meningkatkan hasil belajar Konsep Dasar Listrik Dan Elektronika, guru perlu menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD; kedua, dalam memilih dan menerapkan strategi pembelajaran kooperatif, guru perlu mempertimbangkan minat belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSitompul, Harun196007051986011001
Thesis advisorSukirno, 195401211987031001
Call Number: 373.246 Ram p
Keywords: Hasil belajar; Strategi pembelajaran; Pembelajaran kooperatif; Minat belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
T Technology > T Technology (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK7800 Electronics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 06 Mar 2017 03:25
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23572

Actions (login required)

View Item View Item