UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN PENDEKATAN METAKOGNISI

Lubis, Erida Salamah (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN PENDEKATAN METAKOGNISI. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8106172027 COVER.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8106172027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8106172027 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8106172027 PREFACE.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8106172027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8106172027 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8106172027 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8106172027 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (971kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 8106172027 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8106172027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (423kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk : (1) mengetahui peningkatan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar melalui penerapan pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan metakognisi, (2) mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa yang diajar melalui penerapan pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan metakognisi, (3) mendeskripsikan kadar aktivitas aktif siswa selama pembelajaran melalui penerapan pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan metakognisi, (4) mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran melalui penerapan pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan metakognisi, dan (5) mengetahui proses jawaban yang dibuat siswa dalam menyelesaikan soal-soal melalui penerapan pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan metakognisi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 MTs Negeri 1 Rantauprapat Tahun Ajaran 2013/2014 dengan jumlah siswa keseluruhan adalah 30 orang dengan objek penelitian adalah penerapan pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan metakognisi sebagai upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa. Instrumen yang digunakan terdiri dari : (1) tes kemampuan pemecahan masalah matematika, (2) tes kemampuan berpikir kreatif matematika dan (3) lembar observasi. Seluruh instrumen yang digunakan telah divalidasi oleh pakar dan diujicobakan di lapangan, hasilnya disimpulkan bahwa : (1) seluruh butir tes adalah valid dan memiliki tingkat reliabilitas dengan kategori baik, (2) lembar observasi telah divalidasi oleh pakar dan dinyatakan layak digunakan dalam penelitian. Penelitian terdiri dari dua siklus dan tes diberikan pada setiap akhir siklus. Hasil tindakan siklus I dan II : (1) Hasil tes pemecahan masalah matematika siklus I sebesar 36,67% siswa memiliki tingkat kemampuan minimal sedang, pada siklus II sebesar 86,67%. Artinya ada peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 50%; (2) Hasil tes kemampuan berpikir kreatif matematika siswa siklus I sebesar 26,67% siswa memiliki tingkat kemampuan minimal sedang, pada siklus II sebesar 90,00%. Artinya ada peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 63,33%; (3) Kadar aktifitas aktif siswa pada siklus I terdapat dua dari lima kategori pengamatan yang berada pada batas toleransi waktu, pada siklus II terdapat lima dari lima kategori pengamatan berada pada batas waktu toleransi; (4) Respon siswa pada siklus I dan II termasuk dalam kategori respon positif. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa dengan penerapan pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan metakognisi dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika dan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa. Selain itu, pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan metakognisi dapat meningkatkan aktifitas aktif dan respon siswa dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSinaga, Bornok196509101991021001
Thesis advisorSaragih, Sahat196102051988031003
Call Number: 510.071 Lub u
Keywords: Model pembelajaran berbasis masalah; Pendekatan metakognisi; Pemecahan masalah matematika; Kemampuan berpikir kreatif matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 06 Mar 2017 02:54
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23567

Actions (login required)

View Item View Item