PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI EKSPONEN KELAS X SMK TRITECH INFORMATIKA MEDAN T.A 2016/2017

Lestari, Ridha (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI EKSPONEN KELAS X SMK TRITECH INFORMATIKA MEDAN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4123311044 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4123311044 COVER.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4123311044 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4123311044 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4123311044 RIWAYAT HIDUP.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4123311044 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4123311044 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4123311044 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4123311044 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4123311044 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4123311044 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4123311044 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4123311044 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4123311044 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4123311044 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4123311044 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4123311044 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4123311044 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM 4123311044  BAB I.pdf]
Preview
Text
10. NIM 4123311044 BAB I.pdf - Published Version

Download (857kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4123311044  BAB V.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4123311044 BAB V.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM 4123311044 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
15. NIM 4123311044 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran “Eksponen” di kelas X SMK Tritech Informatika Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Penelitian ini digunakan untuk mengungkapkan kendala dan kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan permasalahan dalam eksponen. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-TKJ SMK Tritech Informatika Medan yang berjumlah 25 orang. Yang menjadi objek penelitian ini adalah model pembelajaran Group Investigation (GI) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X-TKJ SMK Tritech Informatika Medan. Instrumen penelitian dalam mengumpulkan data adalah tes awal, tes berpikir kreatif, dan observasi. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Dari tes awal yang diperoleh nilai rata-rata 2,04 dengan tingkat ketuntasan 20%. Dari tes berpikir kreatif I yang diperoleh nilai rata-rata 2,45 dengan tingkat ketuntasan adalah 44%. Dari tes berpikir kreatif II yang diperoleh nilai rata-rata 3,22 degan tingkat ketuntasan belajar 84%. Berdasarkan hasil observasi guru yang dilakukan observer diperoleh pengelolaan pembelajaran yang dilaksanakan peneliti pada siklus I termasuk dalam kategori baik dengan nilai 80,33. Siklus II dalam kategori baik dengan nilai 92,85.
Berdasarkan uraian diatas disimpulkan penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) dapat kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi eksponen tahun ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 MAT 042
Keywords: Pembelajaran kooperatif; Group investigation; Berpikir kreatif
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 03 Mar 2017 03:12
Last Modified: 03 Mar 2017 03:12
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23530

Actions (login required)

View Item
View Item