PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP LHOKSEUMAWE

Jurnala, Yessi (2017) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP LHOKSEUMAWE. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 8146171089 COVER.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 8146171089 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (452kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 8146171089 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 8146171089 PREFACE.pdf - Published Version

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 8146171089 TABLE OF CONTENT (2).pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 8146171089 TABLES.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 8146171089 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 8146171089 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (468kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM 8146171089 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 8146171089 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (471kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui model pembelajaran berbasis pendekatan realistik; 2) mendeskripsikan peningkatan self-efficacy matematis siswa melalui model pembelajaran berbasis pendekatan realistik; 3) mengembangkan model pendekatan realistik dalam meningkatkan kemampuan komunikasi dan self-efficacy matematis siswa yang efektif; 4) menemukan pendekatan realistik yang efektif dalam meningkatkan kemampuan komunikasi dan self-efficacy matematis siswa; 5) mendeskripsikan respon siswa terhadap pengembangan model pembelajaran berbasis pendekatan realistik yang dikembangkan dalam meningkatkan kemampuan komunikasi dan self-efficacy matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian model pengembangan Plomp, yang dikemukakan oleh Plomp. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi, tes kemampuan komunikasi matematis dan angket self-efficacy. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran berbasis pendekatan realistik telah memenuhi kualitas valid, praktis dan efektif. Adapun tahap-tahap dalam pengembangan model ini adalah tahap investigasi awal, tahap desain, tahap realisasi, dan tahap tes, evaluasi dan revisi. Adapun sintaks model pembelajaran berbasis pendekatan realistik adalah (1) memahami masalah kontekstual, (2) menjelaskan masalah kontekstual, (3) menyelesaikan masalah kontekstual dengan menggunakan media/alat peraga goeboard, (4) membandingkan/mendiskusikan jawaban dengan menggunakan media/alat peraga goeboard, (5) menyimpulkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSurya, Edy196710191992031003
Thesis advisorHasratuddin, 196312311991031030
Call Number: 510.071 Jur p
Keywords: Pengembangan model pembelajaran; Model plomp; Pendekatan realistik; Komunikasi matematis; Self efficacy
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 02 Mar 2017 08:47
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23515

Actions (login required)

View Item View Item