PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PRAKTEK KERJA BATU PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 2 PEMATANGSIANTAR

Sitanggang, Dimar (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PRAKTEK KERJA BATU PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 2 PEMATANGSIANTAR. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 5103111012 COVER.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 5103111012 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 5103111012 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 5103111012 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 5103111012 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 5103111012 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 5103111012 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 5103111012 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 5103111012 BAB I.pdf - Published Version

Download (517kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. 5103111012 BAB V.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. 5103111012 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:1) Apakah hasil belajar Praktek Kerja Batu siswa yang memliki minat belajar tinggi yang diajar dengan Model Pembelajaran Langsung lebih efektif dari pada siswa yang diajar dengan Model Pembelajaran konvensional. 2) Apakah hasil belajar Praktek Kerja Batu siswa memiliki Minat Belajar Rendah yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional lebih efektif dari pada sisa yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung. 3) Apakah terdapat interaksi Model Pembelajaran dan Minat Belajar terhadap hasil belajar Praktek Kerja Batu pada siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Konstruksi Batu dan Beton SMK Negeri 2 Pematangsiantar Tahun Ajaran 2016/2017. Data Variabel Minat Belajar ini dijaring dengan menggunakan angket, sedangkan untuk Kemampuan Praktek Kerja Batu dijaring dengan menggunakan Job Sheet dengan aspek penilaian yang telah di tentukan sebelumnya. Dari hasil penelitian diperoleh hasil siswa yang memiliki minat belajar tinggi dan diajar dengan Model pembelajaran Langsung lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional dengan Fhitung= 6,66>Ftabel = 4,26, pada taraf signifikansi α = 0,05 dengan df = (1,24). Sedangkan hasil belajar siswa yang memiliki minat belajarrendahyang diajar dengan model pembelajaran konvensional lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang memiliki minat belajar rendah yang diajar dengan model pembelajaran langsung Fhitung= 44,90>Ftabel = 4,26. Terdapat interaksi antara penggunaan model pembelajaran dengan minat belajarterhadap hasil belajar Menggambar Teknik Dasar. Diperoleh Fhitung= 4,30 >Ftabel= 4,26. Dapat disimpulkan: 1) Bagi siwa yang memiliki minat belajar tinggi, penggunaan model pembelajaran langsung memiliki hasil belajar praktek kerja batu yang lebih tinggi dibandingkan dengan penggunaan model pembelajaran konvensional 2) Bagi siswa yang memiliki minat belajar rendah penggunaan model pembelajaran konvensional memiliki hasil belajar praktek kerja batu yang lebih tinggi dibandingkan dengan penggunaan model pembelajaran langsung 3)Terdapat Interaksi antara model Pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar Praktek Kerja Batu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSitanggang, Nathanael195808161984031001
Call Number: SK-2017 BAN 014
Keywords: Hasil belajar; Minat belajar; Model pembelajaran; Praktek batu beton; Pembelajaran konvensional
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
T Technology > T Technology (General)
T Technology > TH Building construction
T Technology > TH Building construction > TH900 Construction equipment in building
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 01 Mar 2017 07:54
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23420

Actions (login required)

View Item View Item