PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR KONSTRUKSI BANGUNAN SISWA TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM

Paramitha, Tessa (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR KONSTRUKSI BANGUNAN SISWA TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 5123111046 COVER.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 5123111046 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (577kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 5123111046 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 5123111046 PREFACE.pdf - Published Version

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 5123111046 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 5123111046 TABLES.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 5123111046 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 5123111046 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 5123111046 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 5123111046 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 5123111046 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Group Investigation, pengaruh minat belajar serta untuk mengetahui interaksi antara model pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar konstruksi bangunan. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Teknik Gambar Bangunan yang terdiri dari kelas eksperimen untuk yaitu kelas TGB A sebanyak 36 orang dan kelas kontrol yaitu kelas TGB B sebanyak 36 orang. Sebelum penelitian, dilakukan uji intrumen terlebih dahulu. Instrumen tes hasil belajar konstruksi bangunan yang valid diperoleh 29 butir dari 35 butir tes yang di ujicobakan, dengan koefisien reliabilitasnya sebesar 0.897. Angket Minat Belajar yang valid diperoleh 30 butir dari 35 butir angket yang diujicobakan, dengan koefisien reliabilitasnya sebesar 0,871. Tes Keterampilan berupa uraian yang valid diperoleh 8 butir dari 10 butir tes, dan koefisien reliabilitasnya sebesar 0,703. Sikap Tanggung Jawab yang valid diperoleh 6 butir dari 7 butir tes dengan koefisien reliabilitas 0,420. Sementara untuk sikap gotong royong diperoleh yang valid 7 butir dari 7 butir yang diujicobakan dengan koefisien reliabilitasnya sebesar 0,634. Teknik pengambilan sampel secara random dengan metode dan rancangan penelitian eksperimen desain Anava 2 x 2. Variabel penelitian memenuhi persyaratan normalitas dikaji dengan uji Liliefors dan memenuhi persyaratan homogenitas dengan uji Barlett. Dari hasil penelitian diperoleh hasil belajar siswa yang diajar dengan Model Pembelajaran Group Investigation lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan Pembelajaran Ekspositori dengan ditunjukkan Fhitung = 47,217 > Ftabel = 3.982 pada taraf signifikansi α = 0,05. Sedangkan hasil belajar siswa yang memiliki minat belajar tinggi lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang memiliki minat belajar rendah dengan ditunjukkan Fhitung = 4,4118> Ftabel = 3.982. Serta tidak terdapat interaksi antara penggunaan model pembelajaran dengan minat belajar terhadap hasil belajar konstruksi bangunan. Diperoleh Fhitung = 1,887 > Ftabel = 3.982.Dapat disimpulkan bahwa 1). Model Pembalajaran Group Investigation dan Model Pembelajaran Ekspositori memberi pengaruh yang berbeda secara signifikan terhadap hasil belajar konstruksi bangunan, 2). Tinggi rendahnya minat belajar siswa memberi pengaruh yang berbeda secara signifikan terhadap hasil belajar konstruksi bangunan, 3). Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan minat belajar siswa dalam mempengaruhi hasil belajar konstruksi bangunan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorPerangin-angin, Sempurna195712271984031002
Call Number: SK-2017 BAN 017
Keywords: Model pembelajaran group investigation; Minat belajar; Hasil belajar konstruksi bangunan; Model pembelajaran ekspositori
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
T Technology > TH Building construction
T Technology > TH Building construction > TH845 Architectural engineering. Structural engineering of buildings
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 01 Mar 2017 07:47
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23419

Actions (login required)

View Item View Item