PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE GI (GROUP INVESTIGATION) DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGAMBAR TEKNIK PADA SISWA KELAS X TKR SMK SWASTA RAKSANA 1 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017

Sihotang, Frans A. (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE GI (GROUP INVESTIGATION) DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGAMBAR TEKNIK PADA SISWA KELAS X TKR SMK SWASTA RAKSANA 1 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01. NIM 5123122014 COVER.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. NIM 5123122014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. NIM 5123122014 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. NIM 5123122014 PREFACE.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. NIM 5123122014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. NIM 5123122014 TABLE.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. NIM 5123122014 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. NIM 5123122014 APENDICES.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09. NIM 5123122014 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (554kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 5123122014 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 5123122014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model kooperatif tipe GI (Group Investigation) dengan model kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar menggambar teknik pada siswa kelas X TKR SMK swasta Raksana 1 Medan tahun ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian two group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari 2 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara teknik random sampling yaitu kelas X TKR 1 sebagai kelas eksperimen 1 yang berjumlah 29 orang dan Kelas X TKR 2 sebagai kelas eksperimen 2 yang berjumlah 35 orang. Kelas Eksperimen 1 diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran GI (Group Investigation), sedangkan kelas Eksperimen 2 diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran Jigsaw. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda dengan jumlah 25 soal. Sebelum dilakukan tes pada kedua kelas tersebut, terlebih dahulu diberikan perlakuan yang berbeda pada masing-masing kelas dalam jangka waktu dan pertemuan yang sama. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model kooperatif tipe GI (Group Investigation) dengan model kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar menggambar teknik pada siswa kelas X TKR SMK swasta Raksana 1 Medan tahun ajaran 2016/2017. Hal ini ditunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 6,2381 > 1,663 pada taraf nyata α = 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorLisyanto, 196607061993031002
Call Number: SK-2017 OTM 004
Keywords: Model kooperatif; Group investigation; Jigsaw; Hasil belajar; Gambar teknik
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 01 Mar 2017 04:16
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23402

Actions (login required)

View Item View Item