PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN PENGULANGAN MATERI PELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 PANTAI CERMIN TAHUN AJARAN 2016/2017

Setiawan, Indra (2017) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN PENGULANGAN MATERI PELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 PANTAI CERMIN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 7123341047 COVER.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 7123341047 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (602kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 7123341047 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 7123341047 PERFACE.pdf - Published Version

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 7123341047 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 7123341047 TABLES.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 7123341047 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 7123341047 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 7123341047 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (722kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 7123341047 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 7123341047 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (255kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi, 2) Pengaruh Pengulangan Materi Pelajaran Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi, 3) Pengaruh Motivasi Belajar dan Pengulangan Materi Pelajaran Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pantai Cermin T.A.2016/2017 dengan populasi sebanyak 120 siswa dan dengan sampel sebanyak 60 siswa. Pemilihan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara acak (random sampling). Dari hasil penelitian diperoleh persamaan regresi linear berganda Y = 32,614 + 0,337X1 + 0,220X2 + e. Berdasarkan uji hipototesis secara parsial diperoleh hasil motivasi belajar berpengaruh secara positif terhadap prestasi belajar dengan nilai thitung variabel motivasi belajar (X1) adalah sebesar 3,448 dengan nilai signifikansi sebesar 0,001 dan hasil uji hipotesis parsial pengulangan materi pelajaran menunjukkan bahwa pengulangan materi juga berpengaruh secara positif terhadap prestasi belajar dengan nilai thitung sebesar 2,559 dan nilai signifikansi sebesar 0,013. Sedangkan untuk uji hipotesis secara simultan diperoleh hasil motivasi belajar dan pengulangan materi pelajaran berpengaruh secara positif dengan nilai Fhitung adalah sebesar 20,133 dan nilai signifikansi adalah 0,000. Berdasarkan uji koefisien determinasi diperoleh nilai R2 sebesar 0,414 yang artinya motivasi belajar dan pengulangan materi pelajaran memberikan kontribusi sebesar 41,4 % terhadap prestasi belajar ekonomi dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang dibahas dalam penelitian ini. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh motivasi belajar dan pengulangan materi pelajaran secara positif terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 1 Pantai Cermin Tahun Ajaran 2016/2017

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHasibuan, Marusul195303151980031007
Call Number: Sk-2017 EKO 006
Keywords: Motivasi Belajar, Pengulangan Materi Pelajaran, dan Prestasi Belajar.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 28 Feb 2017 10:03
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23368

Actions (login required)

View Item View Item