IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF TERINTEGRASI MEDIA PADA HASIL BELAJAR DAN KARAKTER SISWA DALAM MATERI STRUKTUR ATOM

Sapira, Malga (2017) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF TERINTEGRASI MEDIA PADA HASIL BELAJAR DAN KARAKTER SISWA DALAM MATERI STRUKTUR ATOM. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1 NIM 4123331025 COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 NIM 4123331025 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 NIM 4123331025 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 NIM 4123331025 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 NIM 4123331025 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 NIM 4123331025 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 NIM 4123331025 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 NIM 4123331025 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10 NIM 4123331025 BAB I.pdf - Published Version

Download (437kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 NIM 4123331025 BAB V.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15 NIM 4123331025 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (349kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan tumbuh kembang karakter siswa. Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas X SMA Swasta Istiqlal Deli Tua Medan. Sampel ditetapkan dengan cluster random sampling yakni mengambil 3 kelas yang dijadikan kelas eksperimen. Pengambilan data untuk hasil belajar siswa diperoleh instrumen yang valid sebanyak 20 soal dan reliabel (0,616). Sedangkan, data untuk karakter rasa ingin tahu, kerjasama dan tanggung jawab siswa diperoleh menggunakan data instrumen yang telah valid. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan hasil belajar siswa pada model pembelajaran Kolaboratif terintegrasi media Peta Konsep, Powerpoint dan Macromedia Flash, data yang diperoleh : Fhitung > Ftabel yakni Fhitung = 11,034 dengan Ftabel =3,26. Untuk media yang lebih baik adalah Kolaboratif terintegrasi Macromedia Flash dibandingkan kedua media lainnya yakni Macromedia Flash > Powerpoint > Peta Konsep dengan rata-rata nilai yang diperoleh : 79,66 > 77,50 > 73,33. Implemetasi model pembelajaran Kolaboratif terintegrasi media Peta Konsep, Powerpoint, dan Macromedia Flash dapat menumbuh kembangkan karakter dalam materi struktur atom, dimana pada model kolaboratif terintegrasi Peta Konsep karakter yang muncul atau berkembang adalah rasa ingin tahu = 75% dibandingkan kerjasama dan tanggung jawab, untuk Powerpoint karakter yang berkembang adalah tanggung jawab = 76,2% dibandingkan rasa ingin tahu dan kerjasama, untuk Macromedia Flash karakter yang berkembang adalah kerjasama = 83,5% dibandingkan kerjasama dan rasa ingin tahu. Kesimpulan dari penelitian ; ada perbedaan hasil belajar kimia menggunakan model Kolaboratif terintegrasi media.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSudrajat, Ajat196406251990031003
Call Number: SK-2017 KIM 010
Keywords: Peta Konsep, Powerpoint, Macromedia Flash, kolaboratif, hasil belajar
Subjects: Q Science > QD Chemistry > QD241 Organic chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 25 Feb 2017 05:47
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23253

Actions (login required)

View Item View Item