IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF TERINTEGRASI MEDIA PADA HASIL BELAJAR DAN KARAKTER SISWA DALAM MATERI STRUKTUR ATOM

Sapira, Malga (2017) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF TERINTEGRASI MEDIA PADA HASIL BELAJAR DAN KARAKTER SISWA DALAM MATERI STRUKTUR ATOM. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1 NIM 4123331025 COVER.pdf]
Preview
Text
1 NIM 4123331025 COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[thumbnail of 2 NIM 4123331025 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2 NIM 4123331025 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (270kB) | Preview
[thumbnail of 4 NIM 4123331025 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4 NIM 4123331025 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of 5 NIM 4123331025 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
5 NIM 4123331025 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[thumbnail of 6 NIM 4123331025  DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
6 NIM 4123331025 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[thumbnail of 7 NIM 4123331025 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
7 NIM 4123331025 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 8 NIM 4123331025 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
8 NIM 4123331025 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 9 NIM 4123331025 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
9 NIM 4123331025 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of 10 NIM 4123331025 BAB I.pdf]
Preview
Text
10 NIM 4123331025 BAB I.pdf - Published Version

Download (437kB) | Preview
[thumbnail of 14 NIM 4123331025 BAB V.pdf]
Preview
Text
14 NIM 4123331025 BAB V.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[thumbnail of 15 NIM 4123331025 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
15 NIM 4123331025 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (349kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan
tumbuh kembang karakter siswa. Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas X
SMA Swasta Istiqlal Deli Tua Medan. Sampel ditetapkan dengan cluster random
sampling yakni mengambil 3 kelas yang dijadikan kelas eksperimen. Pengambilan
data untuk hasil belajar siswa diperoleh instrumen yang valid sebanyak 20 soal
dan reliabel (0,616). Sedangkan, data untuk karakter rasa ingin tahu, kerjasama
dan tanggung jawab siswa diperoleh menggunakan data instrumen yang telah
valid. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan hasil belajar siswa pada model
pembelajaran Kolaboratif terintegrasi media Peta Konsep, Powerpoint dan
Macromedia Flash, data yang diperoleh : Fhitung > Ftabel yakni Fhitung = 11,034
dengan Ftabel =3,26. Untuk media yang lebih baik adalah Kolaboratif terintegrasi
Macromedia Flash dibandingkan kedua media lainnya yakni Macromedia Flash >
Powerpoint > Peta Konsep dengan rata-rata nilai yang diperoleh : 79,66 > 77,50 >
73,33. Implemetasi model pembelajaran Kolaboratif terintegrasi media Peta
Konsep, Powerpoint, dan Macromedia Flash dapat menumbuh kembangkan
karakter dalam materi struktur atom, dimana pada model kolaboratif terintegrasi
Peta Konsep karakter yang muncul atau berkembang adalah rasa ingin tahu = 75%
dibandingkan kerjasama dan tanggung jawab, untuk Powerpoint karakter yang
berkembang adalah tanggung jawab = 76,2% dibandingkan rasa ingin tahu dan
kerjasama, untuk Macromedia Flash karakter yang berkembang adalah kerjasama
= 83,5% dibandingkan kerjasama dan rasa ingin tahu. Kesimpulan dari penelitian
; ada perbedaan hasil belajar kimia menggunakan model Kolaboratif terintegrasi
media.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 KIM 010
Uncontrolled Keywords: Peta Konsep, Powerpoint, Macromedia Flash, kolaboratif, hasil belajar
Subjects: Q Science > QD Chemistry > QD241 Organic chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 25 Feb 2017 05:47
Last Modified: 25 Feb 2017 05:47
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23253

Actions (login required)

View Item
View Item