PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP PENGETAHUANKONSEPTUAL SISWAPOKOK BAHASAN SUHU DANKALORFISIKA SMK KELAS X SEMESTER II T.P. 2015/2016

Lisnayanti, (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP PENGETAHUANKONSEPTUAL SISWAPOKOK BAHASAN SUHU DANKALORFISIKA SMK KELAS X SEMESTER II T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 4122121009 Cover.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 4122121009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 4122121009 CURICULUM VITAE.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 4122121009 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 4122121009 PREVACE.pdf - Published Version

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 4122121009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 4122121009 ILLUSTRATIONS.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 4122121009 TABLES.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 4122121009 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. NIM 4122121009 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (419kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 4122121009 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. NIM 4122121009 BIBIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (264kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui hasil belajar fisika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) untuk mengetahui hasil belajar konseptual fisika siswa pada materi suhu dan kalor jenis penelitian ini adalah penelitian quasi experiment. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Kelas eksperimen adalah kelas X TPTU-2 yang berjumlah 35 siswa dan kelas kontrol adalah kelas X TSM-1 yang berjumlah 35 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes pilihan ganda konseptual dan lembar observasi siswa, tes belajar dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal jawaban yang sebelumnnya telah divalidkan. Sebelum diberikan perlakuan diadakan pretes terlebih dahulu dengan hasil kemampuan kedua kelas adalah sama. Kemudian diberi perlakuan yaitu kelas eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Selama proses pembelajaran dikelas eksperimen pengetahuan konseptual siswa diperoleh dengan rata-rata pretes kelas yang menggunakan model pembelajaran Group Investigation adalah 35,19 dan kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional adalah 33,65 sedangkan rata-rata postes kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation adalah 54 dan kelas pembelajaran konvensional adalah 42. Peningkatan hasil belajar pengetahuan konseptual sebesar 28,57%. Dari hasil tersebut diperoleh nilai gain untuk kelas konvensional adalah 0,12 sedangkan untuk kelas yang menggunakan model kooperatif tipe Group Investigation adalah 0,29. Hasil uji hipotesis uji t dengan thitung > ttabel (13,95 > 1,997) menunjukkan bahwa pengetahuan konseptual siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) lebih baik daripada pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar pengetahuan konseptual siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSahyar, 196004261985031003
Call Number: SK-2017 FIS 042
Keywords: Kooperatif tipe Group Investigation (GI), hasil belajar, konseptual
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics > QC251 Heat
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 25 Feb 2017 02:54
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23230

Actions (login required)

View Item View Item