PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE TPS DENGAN STAD TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI SPLDV DI KELAS X SMA NEGERI 1 KUALATA.2016/2017

Rahayu, (2017) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE TPS DENGAN STAD TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI SPLDV DI KELAS X SMA NEGERI 1 KUALATA.2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 4122111014 COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 4122111014 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 4122111014 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 4122111014 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 4122111014 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 4122111014 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 4122111014 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 4122111014 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. NIM 4122111014 BAB I.pdf - Published Version

Download (530kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 4122111014 BAB V.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. NIM 4122111014 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 4122111014 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan model kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) dengan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan model kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) pada materi SPLDV (Sistem Persamaan Linier Dua Variabel) di kelas X SMAN 1 Kuala. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Kuala yang terdiri dari 9 kelas. Dua kelas dijadikan sampel, yaitu kelas X-1 yang merupakan kelas eksperimen A sebanyak 40 orang dan kelas X-2 yang merupakan kelas eksperimen B sebanyak 40 orang. Kelas eksperimen A menggunakan model pembelajaran tipe TPS (Think Pair Share) dan pada kelas eksperimen B menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division). Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini dilakukan test, dengan test essay sebanyak 5 soal dan telah dinyatakan valid oleh tim ahli. Sebelum pengujian hipotesis, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan homogenitas data. Dari pengujian ini diperoleh bahwa sampel berasal dari populasi yang memiliki varians yang homogen dan berdistribusi normal. Dari analisis data pada kelas eksperimen A diperoleh rata-rata pre-test 29,5 dan simpangan baku pre-test 10,896 sedangkan nilai rata-rata post-test 78,75 dan simpangan baku post-test 9,816. Pada kelas eksperimen B diperoleh nilai rata-rata pretest 24 dan simpangan baku pre-test 11,029 sedangkan nilai rata-rata pos-test 72,65 dan simpangan baku post-test 8,891. Dari analisa data post-test dengan menggunakan uji-t taraf α = 0,05 diperoleh nilai thitung = 2,908 dan ttabel = 1,994 Sehingga diperoleh thitung > ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share dengan pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division Kelas X SMA Negeri 1 Kuala

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorRajagukguk, Waminton196110051986011001
Call Number: SK-2017 MAT 022
Keywords: Model pembelajaran kooperatif tipe STAD, model pembelajaran kooperatif tipe TPS, Pemecahan masalah matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 23 Feb 2017 02:10
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23163

Actions (login required)

View Item View Item