HUBUNGAN MOTIVASI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SMA NEGERI 11 MEDAN T.P. 2016/2017

Ritonga, Sri Dewi (2017) HUBUNGAN MOTIVASI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SMA NEGERI 11 MEDAN T.P. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 7123341109 COVER.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 7123341109 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 7123341109 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 7123341109 KNOWLEDGMENT.pdf - Published Version

Download (940kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 7123341109 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 7123341109 TABLES.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 7123341109 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (858kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 7123341109 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM 7123341109 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (939kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 7123341109 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan antara motivasi dan kemandirian belajar dengan prestasi belajar ekonomi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara motivasi dan kemandirian belajar dengan prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa SMA Negeri 11 Medan T.P. 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN Negeri 11 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS yang berjumlah 60 orang. Sampel penelitian ini berjumlah 60 siswa dengan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data terdiri dari dokumentasi dan angket. Berdasarkan hasil analisis korelasi antara variabel X1 dengan Y diperoleh bahwa ada hubungan yang signifikan antara motivasi dengan prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 11 Medan T.P 2016/2017 dengan nilai rhitung> rtabel (0,638 >0,254). Hasil analisis korelasi antara variabel X2 dengan Y diperoleh ada hubungan yang signifikan antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 11 Medan T.P 2016/2017 dengan nilai rhitung> rtabel (0,629 >0,254). Dari hasil analisis data dengan menggunakan analisis regresi linier diperoleh persamaan regresi ganda adalah Y = 10,405 + 0,627 X1 + 0,661 X2. Hasil ini menunjukkan bahwa jika motivasi (X1) dan kemandirian belajar (X2) masing-masing ditingkatkan satu satuan maka akan diikuti oleh peningkatan prestasi belajar (Y) sebesar 0,627 + 0,661 satuan pada konstanta sebesar 10,405. Nilai Fhitung sebesar 30,601 lebih besar dari Ftabel 3,16 membuktikan bahwa H1 diterima yang berarti bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi dan kemandirian belajar dengan prestasi belajar. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,518 menunjukkan bahwa hubungan variabel bebas (motivasi dan kemandirian belajar) dengan variabel terikat (prestasi belajar) adalah sebesar 51,8%. Sumbangan efektif yang diberikan oleh variabel motivasi (X1) terhadap prestasi belajar adalah sebesar 37,22%, sedangkan sumbangan efektif yang diberikan oleh variabel kemandirian belajar (X2) terhadap prestasi belajar adalah sebesar 34,74%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara motivasi dan kemandirian belajar dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi SMA Negeri 11 Medan T.P. 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorsinaga, Mangarap195208151980111001
Call Number: SK-2017 ADP 005
Keywords: Motivasi, Kemandirian Belajar, Prestasi Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 21 Feb 2017 08:57
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23127

Actions (login required)

View Item View Item