PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ALAT UKUR PADA SISWA KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK SWASTA BANDUNG 2 T.A 2016/2017

Badli, Husnil (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ALAT UKUR PADA SISWA KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK SWASTA BANDUNG 2 T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
NIM. 5113121023 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 5113121023 COVER.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 5113121023 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (454kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 5113121023 PREFACE.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 5113121023 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 5113121023 TABLES.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 5113121023 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 5113121023 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 5113121023 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 5113121023 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw Pada mata diklat alat ukur kompetensi dasar menggunakan peralatan pembanding dan pengukuran dasar siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Bandung 2 Deli Serdang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Bandung 2 Deli serdang sebanyak 28 orang. Objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw untuk meningkatkan hasil siswa menggunakan alat ukur pada kompetensi dasar menggunakan peralatan pembanding dan/atau pengukuran dasar pada pokok bahasan penyetelan/pengukuran dan pemeliharan jangka sorong dan mikrometer sesuai dengan prosedur operasi standar. Sebelum dilaksanakan tindakan pada siklus I, Siswa terlebih dahulu diberikan soal pretest untuk melihat kemampuan awal siswa. Pada siklus I Nilai rata – rata siswa 74,28 dengan ketuntasan klasikal 67,85% dan setelah dilakukannya perbaikan pada penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada Siklus II diperoleh Nilai rata – rata siswa menjadi 87,14 dengan ketuntasan klasikal 85,71%. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata diklat alat ukur kompetensi dasar memelihara peralatan pembanding dan pengukuran dasar dari nilai tahun sebelumnya dengan rata rata nilai hasil belajar 67,66, kemudian setelah dilakukan tindakan pada siklus I, rata – rata nilai Hasil Belajar menjadi 76,69 dengan ketuntasan kelasikal 67,85% , dan pada siklus II rata – rata hasil belajar Siswa meningkat menjadi 84,43 dengan ketuntasan kelasikal 85,71%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorTambunan, Bisrul HapisUNSPECIFIED
Call Number: SK-2017 MES 012
Keywords: Hasil belajar, model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ181 Mechanical movements
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 21 Feb 2017 04:20
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23103

Actions (login required)

View Item View Item