EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN KEKUATAN BERDUA TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR INTRINSIK PUISI OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PAHAE JULU TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

Natalina, Chanrika (2017) EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN KEKUATAN BERDUA TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR INTRINSIK PUISI OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PAHAE JULU TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1 Nim 2123311013 Cover.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Nim 2123311013 Approval Sheet.pdf - Published Version

Download (680kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Nim 2123311013 Abstrak.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Nim 2123311013 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Nim 2123311013 Table of Content.pdf - Published Version

Download (475kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Nim 2123311013 Tables.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Nim 2123311013 Appendices.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Nim 2123311013 Chapter I.pdf - Published Version

Download (651kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. Nim 2123311013 Chapter V.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. Nim 2123311013 References.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivan Strategi Kekuatan Berdua dalam pembelajaran mengidentifikasi unsur intrinsik puisi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 103 siswa kelas X SMA Negeri 1 Pahae Julu. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 26 orang yang diambil dengan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes essay. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Dari pengolahan data, diperoleh nilai rata-rata pre test = 50, standar deviasi = 7,62, dan termasuk dalam kategori baik dan baik tidak ada atau 0%, kategori cukup sebesar 42% sebanyak 11 orang siswa, kategori kurang sebesar 57% sebanyak 15 orang siswa dan kategori sangat kurang sebanyak 0%. Nilai rata-rata post test = 61.5, standar deviasi = 8.56, dan termasuk dalam kategori, yaitu kategori sangat baik tidak ada, kategori baik sebanyak 15,3% sebanyak 4 siswa, kategori cukup 69,2% sebanyak 18 siswa, dan kategori kurang sebanyak 15,3% sebanyak 4 siswa, sedangkan kategori sangat kurang tidak ada atau 0%. Berdasarkan uji normalitas, hasil pre test dan post test berdistribusi normal. Kemudian berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji homogenitas dan normalitas dilakukan, maka diketahui t0 sebesar 5,04 selanjutnya t0 tersebut dikonsultasikan dengan tabel t dengan taraf signifikan α 5% dengan satu pihak dimana dk=(n-1) maka ttabel = 2,05 sehingga jika dibandingkan dengan t0 dengan ttabel maka t0>ttabel (5,04 > 2,05) maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Akhirnya dapat disimpulkan bahwa penggunaan Strategi Pembelajaran Kekuatan Berdua berpengaruh positif terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur intrinsik puisi kelas X SMA Negeri 1 Pahae Julu Tahun Pembelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSiregar, Rosdiana195908281986012001
Call Number: SK-2017 IND 015
Keywords: Strategi kekuatan berdua, unsur intrinsik puisi, mengidentifikasi unsur intrinsik.
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General) > PN3311 Prose. Prose fiction
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1010 Poetry
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 21 Feb 2017 02:16
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23079

Actions (login required)

View Item View Item