PENGARUH PENGGUNAAN SUMBER BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN SISWA SMK PAB 2 HELVETIA T.P 2016/2017

Hasibuan, Safrida Mayanti (2017) PENGARUH PENGGUNAAN SUMBER BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN SISWA SMK PAB 2 HELVETIA T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 7123341101 COVER.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 7123341101 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 7123341101 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 7123341101 KNOWLEDGMENT.pdf - Published Version

Download (897kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 7123341101 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (871kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 7123341101 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 7123341101 TABLES.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 7123341101 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (844kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 7123341101 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 7123341101 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 7123341101 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh penggunaan sumber belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan SMK PAB 2 Helvetia T.P 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMK PAB 2 Helvetia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AP yang berjumlah 110 orang. Sampel penelitian ini berjumlah 36 siswa dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data terdiri dari dokumentasi dan angket. Berdasarkan hasil analisis regresi berganda diperoleh persamaan regresi Ŷ = 14,334 + 0,728 X1 + 0,462X2 yang berarti jika koefisien penggunaan sumber belajar naik satu satuan, maka nilai hasil belajar akan naik 0,728 satuan. Jika nilai motivasi belajar naik satu satuan maka nilai hasil belajar akan naik 0,462 satuan. Hasil uji hipotesis pertama menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara penggunaan sumber belajar dengan hasil belajar kewirausahaan siswa dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,728 dengan nilai thitung >ttabel atau 3,420 > 2,034. Hasil Hipotesis kedua menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar kewirausahaan siswa dengan koefisien regresi sebesar 0,462 dan thitung >ttabel atau 2,118 > 2,034. Hasil uji hipotesis ketiga diperoleh Fhitung>Ftabel (16,241>3,285) yang berarti penggunaan sumber belajar dan motivasi belajar secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar kewirausahaan. Nilai R² adalah 0,496 membuktikan besarnya pengaruh penggunaan sumber belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar kewirausahaan adalah sebesar 49,6%, sedangkan sisanya 50,1% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara penggunaan sumber belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar kewirausahaan siswa SMK PAB 2 Helvetia T.P. 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorBarus, Cepat195303121979031003
Call Number: Penggunaan Sumber Belajar, Motivasi Belajar, Hasil Belajar
Keywords: SK-2017 ADP 002
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 17 Feb 2017 08:46
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23062

Actions (login required)

View Item View Item