HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI (SELF-CONFIDENCE) DENGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PBL (PROBLEM BASED LEARNING) DI MAN KISARAN T.P.2016/2017

Wulandari (2016) HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI (SELF-CONFIDENCE) DENGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PBL (PROBLEM BASED LEARNING) DI MAN KISARAN T.P.2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of NIM. 4123111087   COVER.pdf]
Preview
Text
NIM. 4123111087 COVER.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of NIM. 4123111087   LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
NIM. 4123111087 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (247kB) | Preview
[thumbnail of NIM. 4123111087 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
NIM. 4123111087 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of NIM. 4123111087  KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
NIM. 4123111087 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[thumbnail of NIM. 4123111087  DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
NIM. 4123111087 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[thumbnail of NIM. 4123111087  DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
NIM. 4123111087 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of NIM. 4123111087  DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
NIM. 4123111087 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of NIM. 4123111087  DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
NIM. 4123111087 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of NIM. 4123111087 BAB I.pdf]
Preview
Text
NIM. 4123111087 BAB I.pdf - Published Version

Download (374kB) | Preview
[thumbnail of NIM. 4123111087 BAB V.pdf]
Preview
Text
NIM. 4123111087 BAB V.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[thumbnail of NIM. 4123111087 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
NIM. 4123111087 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (384kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat hubungan dan
seberapa besar hubungan kepercayaan diri siswa dengan kemampuan pemecahan
masalah matematika siswa dengan menggunakan model PBL di kelas X IPS 1
MAN Kisaran tahun pelajaran 2016/2017.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN Kisaran yang terdiri atas 9 kelas
dengan masing-masing jumlah siswa 30 orang. Pengambilan sampel pada
penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini
adalah kelas X IPS 1. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data adalah
angket yang berjumlah 22 butir dan tes essay yang berjumlah 3 butir soal.
Sebelum instrumen diberikan kepada siswa, terlebih dahulu masing-masing
instrumen divalidasi oleh dua orang dosen matematika dan guru matematika.
Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji normalitas
dan homogenitas data. Uji normalitas dari suatu data menggunakan uji Lilliefors
dan homogenitas dengan uji F. Uji normalitas untuk data kepercayaan diri
diperoleh 0,072 Lhitung   0,163  Ltabel maka H0 diterima, artinya data skor
angket kepercayaan diri siswa berasal dari populasi yang berdistribusi normal.
sedangkan uji normalitas untuk data kemampuan pemecahan masalah matematika
siswa diperoleh 0,143 0,163 hitung tabel L    L maka H0 diterima, artinya data skor
kemampuan pemecahan masalah matematika siswa berasal dari populasi yang
berdistribusi normal. Uji homogenitas diperoleh 0,05(29,29) 1,14 1,86 hitung F    F ,
maka H0 diterima artinya data kepercayaan diri dan kemampuan pemecahan
masalah matematika berasal dari populasi yang sama (homogen)
Hasil dari pengujian hipotesis diperoleh bahwa terdapat hubungan antara
kepercayaan diri dengan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa
dengan menggunakan model PBL di MAN Kisaran yang ditunjukkan dengan
15,084 2,048 hitung tabel t    t . Hubungan yang ada antara kepercayaan diri siswa
dengan kemampuan pemecahan masalah matematika ditunjukkan dengan
r  0,94 , artinya semakin tinggi kepercayaan diri siswa maka semakin tinggi
kemampuan pemecahan masalah matematika, dan semakin rendah kepercayaan
diri siswa maka semakin rendah kemampuan pemecahan masalah matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 MAT 001
Keywords: Kepercayaan Diri, Pemecahan Masalah, Karateristik Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics > QA273 Probabilities. Mathematical statistics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 14 Feb 2017 04:55
Last Modified: 14 Feb 2017 04:55
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22954

Actions (login required)

View Item
View Item