PENGARUH KECERDASAN MATEMATIS LOGIS DAN GAYA BELAJAR KINESTETIK SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017

Sihombing, Andrio Gianta (2016) PENGARUH KECERDASAN MATEMATIS LOGIS DAN GAYA BELAJAR KINESTETIK SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 7123141010 COVER ANDRIO.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 7123141010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 7123141010 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 7123141010 PREFACE.pdf - Published Version

Download (421kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 7123141010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 7123141010 TABLE.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 7123141010 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 7123141010 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 7123141010 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (733kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 7123141010 ACHAPTER V.pdf - Published Version

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 7123141010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (342kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah prestasi belajar ekonomi siswa yang belum memuaskan dan apakah kecerdasan matematis logis dan gaya belajar kinestetik siswa memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi SMA Negeri 4 Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan matematis logis dan gaya belajar kinestetik terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 4 Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 4 Medan Tahun Ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 10 kelas MIA dan 2 kelas IIS yang berjumlah 479 siswa. Sampel penelitian ini adalah 119 siswa dengan teknik pengambilan sampel yaitu secara proporsional random sampling (acak). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan studi dokumen, tes, angket, wawancara. Uji validitas untuk analisis butir angket menggunakan rumus cronbach alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda, uji asumsi klasik, R2, uji t dan uji F. Dari hasil analisis diperoleh persamaan regresi linier berganda Y=10,036+ 0,366X1 + 0,485X2 yang berarti semakin baik kecerdasan matematis logis dan gaya belajar kinestetik siswa maka semakin baik pula prestasi belajar. Pada uji Determinan R2 diperoleh nilai R = 0,621 yaitu menyatakan bahwa kecerdasan matematis logis dan gaya belajar kinestetik berpengaruh 62,1%. Pada uji t diperoleh nilai thitung> ttabel (4,123 > 1,661) ada pengaruh yang positif dan signifikan kecerdasan matematis logis terhadap prestasi siswa. Nilai thitung> ttabel (6,534 > 1,661) ada pengaruh yang signifikan dari gaya belajar kinestetik terhadap prestasi belajar siswa. Dan antara kecerdasan matematis logis dan gaya belajar kinestetik secara bersama – sama terhadap prestasi pada siswa didapat dengan nilai Fhitung>Ftabel, (75,261 > 2,68). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah secara uji t (parsial) kecerdasan matematis logis berpengaruh positif yang signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa. Dan gaya belajar kinestetik siswa berpengaruh positif yang signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa. Secara uji F (simultan) kecerdasan matematis logis dan gaya belajar kinestetik siswa berpengaruh positif yang signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorRahmadana, Muhammad Fitri197709142005011003
Call Number: SK-2017 NIAGA 001
Keywords: Kecerdasan Matematis Logis, Gaya Belajar Kinestetik Siswa, Prestasi Belajar Ekonomi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BC Logic
H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 14 Feb 2017 03:52
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22943

Actions (login required)

View Item View Item